Kriteria Penetapan Level Wilayah PPKM Harus Penuhi Target Vaksinasi Lansia

Sumber: Hellosehat.com

Dinkes Kalbar – Dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 57/2021, disebutkan penentuan kriteria penetapan Level Wilayah PPKM adalah berpedoman pada Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial dalam Penanggulangan Pandemi COVID-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

Tidak hanya memenuhi indikator penyesuaian upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial dalam penanggulangan pandemi COVID-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan. Berdasarkan Inmendagri yang dikeluarkan pada 1 November 2021 dan berlaku 2-15 November 2021, setiap daerah juga diminta meningkatkan capaian vaksinasi lansia untuk menurunkan level PPKM.

Misal untuk bisa mengubah PPKM Level 3 menjadi Level 2 di Kabupaten/Kota, harus memenuhi syarat capaian total vaksinasi dosis 1 minimal sebesar 50% dan pada lansia di atas usia 60 tahun minimal sebesar 40%.

Sedangkan untuk mengubah PPKM Level 2 menjadi Level 1 syaratnya adalah memiliki capaian total vaksinasi dosis 1 minimal sebesar 70% dan vaksinasi dosis 1 pada lansia mencapai minimal sebesar 60%.

Berdasarkan data Kemenkes, target vaksinasi lansia sebanyak 21.553.118. Namun, hingga data per tanggal 9 November 2021 hari ini, secara nasional capaiannya belum mencapai 50 persen dari target untuk vaksinasi dosis pertama yang masih di angka 42,66%, pun demikian vaksinasi dosis kedua masih lebih sedikit yakni 26,42%.

Ayo ajak orang lansia untuk vaksinasi COVID-19. Mau itu orang tua kita, ataupun sanak keluarga kita yang sudah berumur lanjut usia. Vaksin melindungi kita dan orang-orang di sekitar kita dari dampak yang parah bahkan risiko kematian.

Untuk informasi terkait COVID-19 kunjungi situs resmi Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional https://covid19.go.id/ dan https://s.id/infovaksin

Sumber: covid19.go.id

#DinkesKalbar #VaksinLansia #VaksinasiCovid-19

Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top