Komunikasi, Informasi dan Edukasi Keamanan dan Mutu Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga

PONTIANAK – Guna meningkatkan penilaian dan pengawasan pre-market Alat Kesehatan (Alkes) serta Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) efektif, Direktorat Produksi dan Distribusi Alat Kesehatan Kemenkes RI dalam hal ini menggelar kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi Keamanan dan Mutu Alkes  PKRT, yang digelar di Aula Kanwil Kemenag Kalbar, Sabtu (11/6/2022).

Kegiatan yang bersinergi bersama DPR RI tersebut dilaksanakan dengan sasaran masyarakat umum dan para kader kesehatan khususnya di Kota Pontianak.

Turut hadir Anggota Komisi IX DPR RI, H. Alifudin, SE, MM., Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidig Handanu Widoyono, M.Kes.,yang membuka kegiatan tersebut secara resmi, dan Ketua Himpunan Seminat Farmasi Kesehatan Masyarakat (Hisfarkesmas) PD IAI Kalbar, Pandu Wibowo, S.Si., Apt., yang memaparkan informasi dan edukasi terkait Alkes dan PKRT.

Serta tim dari Direktorat Produksi dan Distribusi Alat Kesehatan Kemenkes RI, Nurhidayat, S.Si., Apt (Ketua kelompok Kerja Evaluasi In Vitro Diagnostik Impor), Nuning Lestin Bintari, M.Si., Apt. (Wakil ketua Kelompok Kerja Evaluasi Produk In Vitro Diagnostik Impor Kelas B dan D), dan Deni Herdiana, Apt., MKM (Wakil Ketua kelompok kerja evaluasi Alkes kelas B Impor).

Kita ketahui bersama, salah satu hak dasar rakyat adalah hak memperoleh pelayanan kesehatan yang bermutu, salah satunya adalah pemberian wawasan mengenai keamanan dan mutu alat kesehatan dan perbekalan kesehatan rumah tangga (PKRT) yang beredar di masyarakat.

Dengan edukasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahanan masyarakat dalam menggunakan Alkes dan PKRT dengan benar sehingga terhindar dari efek kesalahan penggunaan Alkes dan PKRT seperti pengukuran tidak akurat, keracunan, alergi, tujuan tidak tercapai dan sebagainya. (dny)

 

#dinkeskalbar #kemenkes #alkes #pkrt #edukasialkespkrt #IAI

Galeri Kegiatan
Previous
Next
Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top