Komnas KIPI Sampaikan 7 Tips Tingkatkan Kekebalan Tubuh Cegah Gelombang ke-3 COVID-19

Ketua Komisi Nasional Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas PP KIPI) Hinky Hindra Irawan Satari dalam materi webinarnya yakni ANTARA Ngobrol Bareng pada hari Kamis lalu, mengatakan pencegahan terhadap gelombang ketiga COVID-19 oleh masyarakat Indonesia dapat dilakukan dengan meningkatkan kekebalan tubuh.

Mencegah terjadinya gelombang ketiga COVID-19 perlu dilakukan dari sekarang. Selain dengan disiplin protokol kesehatan, meningkatkan kekebalaan tubuh juga sangat diperlukan. Ada banyak cara meningkatkan kekebalan tubuh yang bisa kita coba, antara lain: 

  1. Melakukan berbagai kebiasaan hidup bersih dan sehat 
  2. Melakukan vaksinasi COVID-19 
  3. Mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang ataupun kaya mineral dan vitamin.
  4. Menjaga kebersihan makanan 
  5. Tidur yang cukup 
  6. Mengurangi tingkat stres yang kita hadapi, dan
  7. Tetap aktif dalam berolahraga, berjemur, ataupun berkegiatan di luar selama tidak berkerumun.

Terkait memilih dan mengonsumsi makanan yang sehat, Hindra juga memberikan beberapa tips, seperti rajin memakan buah dan sayur, minum air sebanyak 8 hingga 10 gelas per hari, menyediakan cemilan sehat, membatasi makanan olahan, dan mengupayakan memasak sendiri untuk menjamin kebersihan dan kesehatan makanan itu.

Ia juga mengimbau agar masyarakat menghindari kontak langsung dengan seseorang yang belum terjamin kekebalan tubuhnya terhadap virus COVID-19, termasuk dengan cara selalu memakai masker dan menjaga jarak di tengah kerumunan. 

Dengan begitu, lanjutnya, dalam dua bulan ke depan bila masyarakat berkomitmen menjaga kekebalan tubuhnya secara baik, grafik penularan virus COVID-19 pada  Januari 2022 akan melandai. 

Untuk informasi terkait COVID-19 kunjungi situs resmi Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional https://covid19.go.id/ dan https://s.id/infovaksin

Sumber : covid19.go.id, antaranews.com 

#DinkesKalbar #KalbarSehat #TetapTaatProkes #Covid19

Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top