Kadis Kesehatan Prov. Kalbar Buka Kegiatan Sosialisasi Aplikasi Satu Data Kesehatan (ASDK)

Pontianak – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, drg. Hary Agung Tjahyadi, M.Kes membuka kegiatan sosialisasi Aplikasi Satu Data Kesehatan (ASDK) yang dilaksanakan di Aula Husada Khatulistiwa II Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat pada hari Rabu (8/6/2022). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Seksi Manajemen Informasi Kesehatan, Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat bekerja sama dengan Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang sekaligus bertindak sebagai narasumber.

Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung dari tanggal 8–10 Juni 2022 ini diikuti oleh berbagai peserta yang berasal dari Provinsi Kalimantan Barat, Kota Pontianak, Kota Singkawang, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawi dan Kabupaten Ketapang.

Dalam sambutannya, Hary Agung menekankan pentingnya data dimana data yang valid dan update akan mendukung pada tahapan perencanaan yang tepat sasaran, data yang diolah menjadi informasi selanjutnya juga akan meningkatkan kualitas pelayanan, serta digitalisasi data yang dilakukan secara efektif akan mendukung terwujudnya e-Government sebagai bagian dari reformasi birokrasi yang diharapkan, namun demikian aplikasi yang digunakan juga haruslah mudah digunakan oleh penggunanya.

“…kegiatan seperti ini memang sebagai pendukung, namun pendukung yang sangat penting dalam hal penyediaan data… kedepannya menjadi sesuatu yang wajib sebagai dasar perencanaan, sesuatu yang wajib sebagai bagian dari kualitas pelayanan publik, karena informasi itu bisa diakses seluas-luasnya oleh masyarakat…. “, ujar Hary Agung.

Adapun materi yang akan disampaikan dalam kegiatan ini antara lain: kebijakan ASDK, overview, konsep dasar DHIS2 dan sumber data, pivot table, visualizer, map, dashboard, serta akan dilakukan latihan, diskusi dan rencana tindak lanjut.

Sebagai penutup Hary Agung berpesan agar setelah kegiatan ini tetap ada komunikasi dan pendampingan baik dari Pusdatin maupun Dinas Kesehatan Provinsi dalam implementasinya nanti sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai.

 

Better Information – Better Decision – Better Health    

Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top