Kenali Sindrom Ramsay Hunt, Penyakit yang Membuat Wajah Lumpuh

Penyanyi terkenal Justin Bieber memberitahukan bahwa dirinya mengidap penyakit bernama Ramsay Hunt Syndrome. Penyakit ini merupakan gangguan saraf yang ditandai dengan gejala berupa lumpuhnya saraf wajah, serta munculnya ruam di area telinga dan mulut.

Dikatakan sindrom Ramsay Hunt melumpuhkan setengah area wajahnya. Dia tidak bisa menggerakkan setengah bibirnya, kelopak matanya, serta lubang hidungnya. Penyakit ini juga menimbulkan gangguan pendengaran Justin

Umumnya, kelumpuhan dan masalah pendengaran akibat sindrom Ramsay Hunt berlangsung sementara. Tapi, pada kondisi tertentu juga bisa dialami seumur hidup.

Penyebab Sindrom Ramsay Hunt

Berdasarkan NORD (National Organization for Rare Disorders), sindrom Ramsay Hunt disebabkan oleh infeksi virus Varicella zoster (VZV). Ini adalah virus yang juga menyebabkan penyakit cacar air dan herpes zoster (Cacar Api).

Cacar air adalah penyakit yang ditandai dengan gejala munculnya ruam merah di sekujur tubuh. Ruam berisi cairan ini menimbulkan rasa gatal dan disertai gejala tambahan seperti demam, sakit kepala, kelelahan, dan kehilangan nafsu makan.

Cacar air umumnya menjangkiti anak-anak, sementara herpes zoster umumnya dialami orang dewasa. Seperti cacar air, herpes zoster menyebabkan ruam kemerahan. Namun bedanya, ruam ini dapat menyebabkan bengkak dan berkembang menjadi luka lepuh berkerak.

Gejala Ramsay Hunt syndrome muncul karena virus Varicella zoster yang aktif menyerang saraf wajah di dekat telinga bagian dalam. Akibatnya, saraf di area tersebut mengalami iritasi dan bengkak.

Ramsay Hunt syndrome bisa dialami oleh orang yang pernah mengalami cacar air ataupun cacar api. Karena setelah seseorang menderita cacar, virus varicella zoster tidak akan hilang tapi hanya tertidur di dalam saraf. Ketika daya tahan tubuh lemah, virus bisa aktif kembali dan menyebabkan sindrom Ramsay Hunt.

Gejala Ramsay Hunt

Ketika saraf sekitar wajah terganggu, penderita sindrom Ramsay Hunt akan mengalami beberapa gejala, antara lain:

  • Ruam pada bagian dalam telinga hingga langit-langit mulut.
  • Gangguan pendengaran sebelah
  • Vertigo
  • Sebagian wajah lumpuh

Otot-otot wajah yang lumpuh akan terasa kaku dan sulit digerakkan sehingga penderita sindrom Ramsay Hunt sulit untuk tersenyum, mengernyitkan dahi, atau bahkan menutup mata. Dan dalam beberapa kasus juga dapat membuat pengidapnya kesulitan berbicara.

Demikian sedikit informasi mengenai Sindrom Ramsay Hunt, walaupun gejala umumnya hanya bersifat sementara, jangan pernah anggap remah gangguan saraf langka ini, ya!

Jika tidak ditangani dengan tepat, sindrom Ramsay Hunt bisa menyebabkan komplikasi berupa kelumpuhan wajah, tuli permanen, dan bahkan merusak mata. Segeralah konsultasikan ke dokter jika sobat mengalami gejala sindrom Ramsay Hunt.

 

#dinkeskalbar #sindrom #sindromramsayhunt

Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top