Kemenkes Hadirkan Respons Cepat Pengaduan Sertifikat Vaksin Lewat Chatbot WhatsApp

Dinkes Kalbar – Kementrian Kesehatan RI kembali meng-upgrade fitur dan layanan PeduliLindungi, terutama untuk mempercepat respons pengaduan masyarakat terkait sertifikat vaksinasi yang selama ini dilakukan melalui email sertifikat@pedulilindungi.id dan Call Center 119.

Pelayanan baru tersebut berupa Chatbot WhatsApp PeduliLindungi. Dengan layanan yang aman, dapat diakses 24 jam dan respons yang cepat, masyarakat dapat menggunakannya untuk melaporkan terkait sertifikat vaksin, status vaksin hingga perbaikan informasi data diri. Layanan ini bisa menjadi salah satu alternatif jika tidak mendapatkan respons cepat setelah menghubungi email PeduliLindungi ataupun Call Center 119.

Untuk mengakses layanan chatbot ini, masyarakat bisa menghubungi Chatbot WhatsApp Kemkes RI pada nomor 081110500567. Untuk keamanan data, diawalnya masyarakat akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi dan kode OTP terlebih dahulu.

Sekjen Kemenkes, Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan selama ini pengaduan diarahkan ke email atau Call Center. Jumlah rata-rata aduan per minggunya mencapai lebih dari 134.000 ke email dan 80.000 lewat Call Center. Sebagian besarnya mengadukan terkait dengan informasi sertifikat vaksin dan penyesuaian data, seperti nama dan nomor ponsel.

“Oleh karena itu, Kemkes RI menghadirkan layanan chatbot PeduliLindungi untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan sertifikat, status vaksinasi, dan perbaikan info diri,” katanya, dikutip dari laman Website resmi Kemenkes RI.

Dalam Chatbot WhatsApp tersebut, terdapat 3 menu utama, yaitu menu Download Sertifikat Vaksin, Status Vaksinasi, dan Ubah Info Diri yang dapat dipilih oleh masyarakat sesuai kebutuhan.

Masyarakat yang belum mendapatkan sertifikat dan terkendala untuk mengaksesnya di Aplikasi PeduliLindungi bisa memilih menu Download Sertifikat. Pengecekan status vaksinasi juga dapat dilakukan melalui menu Status Vaksinasi. Sementara untuk mengubah data pribadi seperti nama, bisa memilih menu Ubah Info Diri.

Sumber: Kemenkes RI

#DinkesKalbar #PeduliLindungi #ChatbotWhatsApp #SertifikatCovid19 

Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top