Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) Perlu Upaya Khusus Untuk Penanggulangannya

Keterangan Gambar : Peserta Workshop Kontijensi Kegawatdaruratan Kesehatan Masyarakat di Kabupaten Ketapang.

Pontianak, Dinkes Prov. Kalbar

Kedaruratan kesehatan masyarakat tentunya memerlukan upaya khusus untuk penanggulangannya. Salah satu kendala yang sering dijumpai dalam upaya penanggulangan kedaruratan kesehatan masyarakat adalah kurangnya kesiapan sumber daya manusia dan komitmen kerjasama lintas program dan sektor terkait.hal di ungkapkan Kepala Seksi Surveillance dan Imunisasi Dinkes Provinsi kalbar dr.Erna Yulianti, awal Juli lalu.

Menurut Erna, bahwa Agar penyelenggaraan penanggulangan kedaruratan kesehatan masyarakat di suatu wilayah dapat berjalan lancar dan mencapai tujuan serta sasaran yang diharapkan, maka disusunlah rencana kontinjensi yang mengatur penyelenggaraan kegiatan dimaksud yang meliputi perencanaan, persiapan dan ketentuan pelaksanaan serta evaluasi.

Kegiatan ini tentunya kami lalukan beberapa tahapan antara lain yan pertama berupa kegiatan sosialisasi ke beberapa Kabupaten Kota yang menjadi target percepataan terlaksananya kegiatanm Kontijensi ini. Selanjutnya tambah dr Erna ini, barullah kita melakukan penyususna Kontigensi terhadap kegiatan Kegiatan Kegawatdaruratan Kesehatan Masyarakat ini di kabupaten kota kata Kasi Survim Imunisasi ini.

Keterangan GambarKegiatan Sosialisasi KKM di Kabupaten Kapuas Hulu oleh Dinkes Provinsi Kalbar dan Pemda Provinisi Kapuas Hulu.

Menurut dr Erna bahwa sampai saat ini baru ada empat Kabupaten yang memiliki kontijensi KKM ini pada tahun 2018, yaitu Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Sambas, dan Kabupaten Sanggau, Ernawati menjelaskan.

Selanjutnya Kasi Survim ini mengatakan untuk target tahun 2019 ini ada tiga Kabupaten yang akan di lakuka pembentukan Kontijensi KKM ini antara lain Kaputaen Kapuas Hulu, Kabupaten ketapang dan Kabupaten Ketapang.

Dengan di lakukan upaya koordinasi sebagai suatu usaha /proses yang sinkron dan teratur untuk menyediakan jumlah dan waktu yang tepat serta mengarahkan pelaksanaan untuk menghasilkan suatu gerakan dan tindakan yang seragam dan harmonis kegiatan KKM ini.sehingga terwujud pengintegrasian tujuan-tujuan dan kegiatan-kegiatan pada satuan kerja yang terpisah untuk mencapai tujuan organisasi secara efesien pada pelaksanaan KKM ini harapan Kasi Survim Imnisasi ini. (sur)

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Back To Top