“ KALBAR BERTEKAD BERANTAS TB BERSAMA MASYARAKAT ”

Pontianak, Dinkes Prov. Kalbar

Pj Sekda Provinsi Kalbar Syarif Kamaruzzaman mengungkapkan pentingnya sosialisasi berkesinambungan kepada masyarakat agar senantiasa mencegah penyakit TBC. Hal ini disampaikan saat mewakili Gubernur Kalbar, melepas peserta jalan sehat TBC se dunia di depan Kantor Diskes Kalbar Minggu pagi (24/3/2019)

“Kegiatan peringatan hari TBC ini menjadi moment penting untuk membangunkan  kesadaran masarakat dan pihak-pihak terkait agar peduli paa upaya pencegahan penyakit TBC. Karena TBC adalah penyakit  nomor 3 mematikan di Indonesia dan menjadi urutan pertama untuk kasus  penyakit menular ,”

Dijelaskan pula oleh Pj Sekda, bahwa, pemerintah daerah provinsi Kalimantan Barat telah berupaya untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan  TBC secara  lintas sektoral dengan melibatkan organisasi masyarakat . Harapannya  “ Kalimantan Barat harus terbebas dari TBC. “ untuk itu kepada masyarakat dihimbau agar senantiasa menjaga kesehatan dari segala aspek pencetus penularan TBC dan penyakit menular lainnya ,” kata Kamaruzzaman.

Selain itu Pemerintah Provinsi Kalbar juga berkomitmen dan mempunyai perhatian khusus untuk terhadap upaya pencegahan dan penanggulangan  TBC, dengan sudah adanya UPT Pelayanan Kesehatan Paru yang terus diperkuat perananya ungkap Pj Sekda Provinsi  Kalbar.

Sementara itu ,Plt Kadiskes Prov Kalbar  drg Hary Agung Tjahyadi mengatakan bahwa kegiatan ini digelar atas kerja sama UPT Pelayanan Kesehatan Paru, Diskes Provinsi Kalbar bersama Diskes Kota Pontianak , dan Akbid Aisyiyah dimana  Pesertanya terdiri dari komunitas masyarakat, praktisi  kesehatan , mahasiswa dan masyarakat luas

Peringatan hari TBC ini ditandai pelepasan balon bersama-sama, kemudian launching kampung TBC, dan aksi simbolis komitmen TOSS (Temukan TBC Obati Sampai Sembuh) TBC adapula lomba mewarnai , pemeriksaan kesehatan dan donor darah serta pelayanan Penyakit Tidak Menular (PTM). Jelas drg. Hary Agung.

Sebagai rangkaian kegiatan TB DAY Provinsi Kalimantan Barat , dimeriahkan juga  dengan kegiatan jalan sehat hari TBC Internasional , dengan rute  star di depan kantor Diskes Provinsi Kalbar Jalan D A Hadi pada  hari Minggu (24/3/2019) pagi mengelili area Car free day  sepanjang jalan A Yani. Jalan Sehat   dilepas oleh  PJ Sekda Kalbar Syarif Kamaruzaman didampingi Plt Kadiskes Provinsi Kalbar.

Bapak  Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Sri Handayani dan undangan lainya. Juga ikut memeriahkan kegiatan jalan sehat  yang diakhiri oleh  pembagian door price dan berbagai lomba hiburan  lainnya. Demikian  drg  Hary Agung menjelaskan. (sur).

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Back To Top