“ Jaga Mata Kita Sebelum Sakit “

Dinas Kesehatan <br> Provinsi Kalimantan Barat

Dinas Kesehatan
Provinsi Kalimantan Barat

Jaga Mata Kita Sebelum Sakit

Ket Gambar : Kegiatan Deteksi Dini Gangguan Penglihatan beberapa waktu lalu oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar.

Pontianak, Dinkes Prov. Kalbar

Mata adalah salah satu organ vital yang dianugerahkan Tuhan kepada manusia. Lewat mata, kita diberi kemampuan untuk menyaksikan semua yang ada dalam kehidupan, baik ataupun buruk. Sebagai penerima informasi pertama, mata berperan penting dalam mengembangkan potensi diri, pun juga sebagai perlindungan diri.

Namun, sayangnya organ vital ini juga rentan mengalami kerusakan. Setidaknya kira kira 12 orang mengalami kerusakan mata hingga buta setiap menitnya di dunia, dan di Indonesia, diperkirakan setiap menit ada satu orang terancam kebutaan.

Kebutaan merupakan kondisi yang sangat merugikan, baik untuk individu tersebut, keluarganya, maupun untuk negara. Orang dengan kebutaan membutuhkan pendampingan yang bersifat terus menerus untuk menjalankan aktivitas sehingga akan menurunkan produktivitas dirinya sekaligus pendamping atau keluarga.

Oleh karena itu, jangan sampai mengabaikan gangguan penglihatan atau gangguan kesehatan mata sekecil apa pun masalahnya.

Sebagai upaya pencegahannya ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar terhindar dari kebutaan tersebut :

 

  1. Sering bekerja dengan komputer? Sering melihat layar digital dalam waktu lama?
    Sering bekerja di depan layar digital dapat membuat mata Anda cepat lelah dan kering. Untuk itu Anda dapat mempraktikkan aturan 20-20-20 yang telah disepakati oleh para ahli sebagai cara untuk menjaga mata tidak terlalu ‘tersiksa’. Setiap 20 menit, istirahatkan mata Anda dengan melihat ke kejauhan sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Gunakan layar penggelap dan aturlah kecerahan layar digital Anda sehingga tidak terlalu memberatkan mata Anda.
  1. Gunakan kacamata surya !
    Radiasi sinar matahari dapat menyebabkan katarak pada mata berkembang lebih cepat. Untuk itu, jika Anda berada di luar ruangan, gunakanlah kacamata surya yang melindungi Anda dari UV-A dan UV-B. Topi atau paying juga dapat membantu melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet.
  1. Gunakan kacamata pelindung mata.
    Jika Anda bekerja dengan bahan-bahan kimia atau alat-alat yang dapat membahayakan mata maka sebaiknya Anda menggunakan kacamata pelindung mata untuk menghindari trauma fisik atau kimia yang dapat menyebabkan kebutaan.
  1. Makanan sehat untuk mata
    Kesehatan mata dipengaruhi oleh kesehatan sel-sel saraf dan juga pembuluh darah. Untuk itu, makanan-makanan yang baik untuk kesehatan aliran darah juga dapat dikonsumsi seperti buah-buahan, sayuran hijau gelap dan gandum. Makanan tinggi kandungan Zinc seperti kacang-kacangan, daging merah tanpa lemak, daging unggas dapat melindungi mata dari kerusakan karena cahaya. Vitamin A membantu sel-sel penglihatan. 
  1. Rawatlah kontak lensa Anda
    Jaga kebersihan kontak lensa, selalu perhatikan kebersihan tangan saat memakai kontak lensa dan jangan memakai kontak lensa saat tidur. Gunakan cairan kontak lensa yang sesuai dengan perhatikan tanggal kadaluwarsa dari cairan dan kontak lensa Anda.
  1. Perhatikan dengan seksama rias mata Anda
    Sebaiknya jangan menggunakan riasan mata yang sudah berusia lebih dari 3 bulan, terutama dalam bentuk cairan atau krim seperti misalnya mascara. Selalu gunakan riasan mata dalam keadaan bersih dan bersihkan kembali riasan mata dengan seksama sebelum tidur.
  1. Berhenti merokok
    Merokok dapat mempercepat kejadian katarak dan dapat menyebabkan keluhan mata kering dan tidak nyaman. Pengaruhnya terhadap pembuluh darah juga membahayakan pembuluh darah retina sehingga dapat menyebabkan kebutaan.
  1. Jangan sepelekan keluhan mata
    Jangan hiraukan keluhan mata gatal dan merah, atau kelilipan. Tangani dengan tetes mata yang dapat dijual bebas atau dengan membilas mata dengan air bersih. Jangan menggosok-gosok mata jika keluhan terus mengganggu. Kunjungilah dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.
  1. Pemeriksaan mata rutin
    Jangan anggap remeh pemeriksaan mata rutin, meskipun Anda tidak memakai kacamata. Usahakan untuk memeriksakan kesehatan mata paling tidak 2-3 tahun sekali jika Anda tidak memiliki keluhan. Namun jika Anda memakai kontak lensa, mengidap diabetes, tekanan darah tinggi dan memiliki riwayat penyakit mata dalam keluarga, maka pemeriksaan 1 tahun sekali sangat dianjurkan.

Kalau bukan Anda sendiri, siapa lagi yang akan menjaga kesehatan mata Anda sendiri ?

Sumber : Di himpun dari berbagai sumber dan literature

( Hari Penglihatan Se dunia, 9  Oktober )
Berita ini di Publikasikan oleh tim Web Dinkes Prov Kalbar tahun 2018