JAGA KESEHATAN DI SAAT CUACA PANAS

Perubahan musim berganti setiap tahunnya, setelah musim hujan ke musim panas begitu juga sebaliknya, dari musim panas ke musim hujan. selalu terjadi setiap tahun. Cuaca panas di suatu wilayah  dipengaruhi juga oleh letak geografisnya, umumnya cuaca panas terjadi dari bulan Juni hingga bulan September. Terjadinya musim panas setiap tahun mempunyai dampak terhadap kesehatan manusia.

Di sejumlah wilayah Indonesia sedang mengalami cuaca panas dan terik. Berdasarkan catatan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika), prakiraan cuaca suhu yang terlihat di beberapa wilayah berada pada kisaran 24-36 derajat Celsius, cuaca panas terik ini  terjadi karena lapisan bawah atmosfer yang relatif kering. Pada musim panas, akan menyebabkan metabolisme tubuh meningkat dan akan menimbulkan banyak keringat. Di saat berkeringat, apabila kurang minum air putih maka cairan tubuh akan berkurang dan dapat menimbulkan dehidrasi. Dehidrasi ataupun kekurangan cairan  tidak bisa dianggap hal yang sepele karena dapat menimbulkan iritasi pada kulit, sakit kepala, gangguan penglihatan, hingga hilang kesadaran (pingsan) bahkan kematian.

Untuk itu sangat penting untuk meningkatkan kesehatan dan menjaga tubuh tetap terhindar dari dehidrasi dengan minum air yang cukup sebanyak enam sampai dengan delapan gelas sehari agar terhindar dari gangguan kesehatan.

Beberapa tips yang bisa dilakukan agar kita bisa tetap sehat saat cuaca panas, sehingga dapat beraktivitas seperti biasanya antara lain :

1. Minum Air Putih Yang Cukup

Dampak dari cuaca panas adalah hilangnya cairan tubuh dalam jumlah yang cukup banyak, dan jika dibiarkan dapat terjadinya dehidrasi. Untuk itu, saat cuaca panas perbanyaklah minum air putih,dan lebih banyak dari biasanya. Dengan begitu keseimbangan cairan tubuh akan tetap terjaga. Hindari atau batasi juga konsumsi minuman berkafein karena bersifat diuretik, yaitu memicu hilangnya cairan tubuh.

2. Konsumsi Buah-Buahan  Yang Mengandung Kadar Air Yang Tinggi

Sangat baik untuk banyak mengonsumsi buah-buahan saat cuaca panas. Terutama buah yang tinggi kadar airnya, seperti semangka, melon, dan jeruk. Manfaat konsumsi buah-buahan tinggi dapat membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, vitamin yang terkandung dalam buah-buahan juga dapat membantu tingkatkan kekebalan tubuh.

3. Gunakan Krim Pelembap Apabila Berada di Luar Ruangan

Jika beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk menggunakan krim pelembap yang bermanfaat untuk menjaga kulit tetap lembap. Sebab, saat cuaca sedang panas, kulit jadi rentan kering dan iritasi.

4. Kurangi Aktivitas di Luar Ruangan

Dengan mengurangi aktivitas di luar ruangan, ketika cuaca sedang panas, membuat tubuh tidak langsung terpapar sinar matahari yang dapat menyebabkan dehidrasi. Hindari keluar rumah saat cuaca terik dan pilih waktu sore maupun pagi hari.  

5. Kenakan Pakaian Berbahan Katun

Ketika cuaca sedang panas, kenakanlah pakaian yang berbahan katun dan tipis, sehingga bisa menyerap keringat lebih baik dan tidak menyimpan panas. Dengan begitu, tubuh akan tetap terasa nyaman. Hindari menggunakan baju berwarna hitam atau gelap, karena dapat menyerap panas matahari.

6. Gunakan Payung dan Topi

Selain menggunakan pakaian yang berbahan katun, gunakan juga pelindung tubuh lainnya, seperti payung dan topi, jika ingin beraktivitas di luar ruangan. Hal ini bermanfaat untuk menghindari paparan sinar matahari langsung pada kulit, yang dapat membuat kulit terbakar dan iritasi. Selain itu untuk terhindar dari penyakit tetap menjaga kesehatan tubuh, dengan istirahat yang cukup, melaksanakan prilaku hidup bersih dan sehat dengan rajin mencuci tangan pakai sabun di air yang mengalir sebelum dan setelah beraktifitas dengan cara yang benar, makan makanan yang bergizi, tidak merokok, dan selalu berfikiran positif.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Back To Top