Hidup Sehat , Pasca Bencana

Dinas Kesehatan <br> Provinsi Kalimantan Barat

Dinas Kesehatan
Provinsi Kalimantan Barat

image 2019

Ket Gambar : Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI drg. Oscar Primadi, MPH melakukan kunjungan dalam rangka monitoring dan evaluasi (Monev) wilayah binaan Kalimantan Barat.

Dinkes Prov. Kalbar

Ancaman risiko bencana banjir di daerah Kalimantan Barat adalah kabupaten Bengkayang, Kapuas Hulu, Ketapang, Sintang dan kota Pontianak serta Singkawang,  yang kerap melanda daerah tersebut terutama pada musim penghujan . Kondisi ini  tidak bisa kita hindari dimana dampak dari bencana banjir  adakalanya  membuat warga masyarakat  mesti bertahan di tempat tinggal dengan kondisi yang tidak sehat, bahkan yang tempat tinggalnya tidak terkena dampak banjir pun  harus tinggal dalam kondisi yang kurang sehat, sementara masyarakat di tempat pengungsian terpaksa harus tidur dan beristirahat di tempat terbuka, dengan kondisi kurangnya makanan dan air bersih di tempat pengungsian.  maka  hal ini bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan demikian penjelasan dari Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan dan Krisis, Ernawati ,S.Kep,M..Kep.

Menurut Ernawati, walaupun berada di pengungsian masyarakat hendaknya selalu menjaga tubuh agar tetap sehat dan untuk menjaga kesehatan di tengah bencana bukanlah hal yang mudah. Namun dengan menjalankan pola hidup sehat sederhana dengan segala keterbatasan menjadi hal yang penting. Kita bisa menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) pasca bencana. GERMAS sendiri merupakan sebuah gerakan yang bertujuan agar masyarakat terbiasa melakukan hidup sehat. Tidak ada salahnya ketika kita sedang berada di pengungsian untuk melakukan perilaku hidup sehat.

Jika kita berada di pengungsian, hal utama yang harus diperhatikan adalah menjaga kebersihan sehingga bisa  meminimalisir masalah kesehatan yang terjadi. Walaupun sedang berada di tengah bencana, pastikan untuk tetap mengkonsumsi air bersih dan matang. Mengkonsumsi air tidak bersih bisa menimbulkan penyakit seperti diare. Selain itu, lakukan kebiasaan cuci tangan pakai sabun (CTPS) sebelum dan sesuah makan, setelah buang air dan setelah beraktivitas. Kata Ernawati menambahkan. (sur)

Berita ini di Publikasikan oleh tim Web Dinkes Prov Kalbar tahun 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on print
Share on whatsapp