Hari Donor Darah Sedunia, Ketahui Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh

Kita mungkin sudah tahu dengan aktivitas donor darah, tapi sebagian orang mungkin belum tahu bahwa hari ini, 14 Juni merupakan Hari Donor Darah Sedunia atau World Blood Donor Day.

Peringatan Hari Donor Darah Sedunia ini merupakan momentum untuk mengkampanyekan akan pentingnya donor darah bagi kesehatan masyarakat.

Hari Donor Darah Sedunia juga sebagai bentuk apresiasi global kepada para pendonor darah yang sukarela mendonorkan darahnya untuk keselamatan banyak nyawa.

Sejarah Hari Donor Darah Sedunia

Dikutip dari Situs Who.int, Hari Donor Darah Sedunia diresmikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization, WHO) di Swiss pada tahun 2005.

Diketahui pula, pemilihan tanggal 14 Juni sebagai Hari Donor Darah Sedunia adalah karena tanggal tersebut merupakan tanggal lahir seorang ahli biologi dan kedokteran Austria, Karl Landsteiner.

Karl merupakan pelopor transfusi darah modern dan berhasil menemukan penggolongan darah seperti yang kita ketahui sekarang yakni golongan darah A, B, O, dan AB.

Berkat kedua penemuannya itu, para tenaga medis jadi bisa melakukan transfusi darah sesuai dengan golongan darah antara pendonor dengan penerima donor.

Tema Peringatan Hari Donor Darah Sedunia 2022

Untuk tahun ini, Hari Donor Darah Sedunia 2022 mengusung tema “Donating blood is an act of solidarity. Join the effort and save lives.” atau “Mendonorkan darah adalah suatu tindak solidaritas. Bergabunglah dengan upaya dan selamatkan nyawa”.

Tema tersebut memberi arti bahwa WHO menyerukan kepada masyarakat di seluruh dunia untuk memberikan darah sebagai tanda solidaritas.

Kebutuhan akan darah bersifat universal, tetapi aksesnya terbatas, terutama di negara berkembang ke bawah, di mana kekurangan terutama berdampak pada perempuan dan anak-anak karena mereka cenderung menjadi orang yang paling membutuhkan darah.

Menjadi pendonor darah sukarela secara teratur adalah langkah sederhana namun tanpa pamrih yang dapat dilakukan setiap orang untuk memperkuat komunitas mereka, mendukung sistem kesehatan setempat, dan menyelamatkan nyawa.

Manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh

Donor darah atau menyumbangkan darah dapat membantu untuk menyelamatkan nyawa orang lain yang bahkan satu donasi darah dapat menyelamatkan sampai tiga jiwa.

Selain membantu orang lain, donor darah juga dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh si pendonor loh.

Donor darah tidak hanya memberikan manfaat secara fisik, tetapi juga mental. Berikut adalah beberapa manfaat donor darah terhadap kesehatan fisik dan mental:

  • menurunkan risiko penyakit jantung
  • mengurangi kekentalan darah dengan menurunkan tingkat zat besi dalam tubuh. Tingkat zat besi dalam tubuh berlebih meningkatkan risiko serangan jantung
  • menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh
  • menurunkan kadar oksidan dalam tubuh dengan meningkatkan kandungan antioksidan dalam tubuh

Selain itu, donor darah merupakan salah cara untuk menolong orang lain yang dapat membantu untuk mengurangi stres dan perasaan negatif, meningkatkan rasa kebersamaan dan menurunkan rasa terasingkan, serta meningkatkan kesejahteraan emosi.

Dengan melakukan donor darah, kita juga dapat memeriksakan kesehatan secara gratis. Petugas akan melakukan pemeriksaan detak jantung, tekanan darah, suhu tubuh, dan tingkat hemoglobin sebelum pengambilan darah.

Selamat Hari Donor Darah Sedunia, Setetes darah kita adalah bukti cinta terhadap sesama. Karena donor darah bisa menyelamatkan nyawa yang paling berharga.

 

Sumber: WHO, SehatQ

 

#dinkeskalbar #haridonordarahsedunia #donordarah #darah

Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top