Gubernur Kalbar Serahkan Bantuan Mobil Lab PCR dari Kemendagri untuk Pemkab Sambas

Dinkes Kalbar – Pemprov Kalbar kembali mendapat bantuan kesehatan yang dalam hal ini merupakan dari Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) berupa satu unit mobil Laboratorium PCR, yang nantinya akan ditempatkan di perbatasan Aruk, Kabupaten Sambas.

Dari hal tersebut, Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmijdi, S.H., M.Hum menyerahkan secara langsung bantuan tersebut Pemkab Sambas yang pada kesempatan ini diserahkan kepada Wakil Bupati Kabupaten Sambas, Fahrur Rofi, S.I.P., M.H., Sc., pada Selasa (14/12/2021), di halaman Kantor Gubernur Kalbar.

Mobile Lab PCR tersebut spesifikasinya memiliki empat alat PCR, dimana satu alat bisa memeriksa 8 sampel dengan waktu 1 jam setengah.

“Jika 4 alat ini digunakan, ada sekitar 32 sampel yang diperiksa dalam kisaran waktu kurang lebih 1 jam setengah, dan dalam satu hari alat tersebut dapat running sampai 200 sampel. Dengan begitu hasil pemeriksaan PCR bisa mempercepat pemeriksaan sampel swab PCR bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI),” ucap Gubernur Kalbar sesaat selesai penyerahan secara resmi.

Dengan adanya alat tersebut, juga bisa mengefisiensikan waktu terkait hasil swab PCR, supaya bisa lebih cepat dan tanpa dibawa lagi ke Pontianak.

“Kalau swab PCRnya dibawa ke Pontianak akan memakan waktu lama, biasanya pagi sampai, malam baru tau hasilnya. Nanti dengan alat ini kita bisa cepat. Kalau kita disini masih 8 jam, nah dengan alat ini 1 jam kita sudah tahu hasilnya,” lanjutnya

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, dr. Harisson, M.Kes menjelaskan bahwa mobil lab PCR ini juga sekaligus dapat mengeluarkan surat jalan.

“Mobil ini sudah mendapat perizinan dari Kementrian Kesehatan. Jadi, masyarakat yang memeriksakan diri di mobil ini akan langsung mendapat surat jalan dan terdata, baik di PeduliLindungi dan secara manual,” jelasnya

Wakil Bupati Sambas juga menyampaikan apresiasi tinggi kepada Pemprov Kalbar dan Kemendagri atas bantuan yang diberikan kepada Kabupaten Sambas.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada Gubernur Kalbar dan Menteri Dalam Negeri. Semoga bantuan ini dapat mempermudah penanganan Covid-19 di Kabupaten Sambas, terutama di PLBN Aruk, karena arus masuk di perbatasan yang masih terbilang tinggi,” ujar Fahrur Rofi.

Mobil PCR yang ditempatkan di Aruk ini juga dalam rangka antisipasi jelang Nataru dan antisipasi masuknya varian baru melalui perbatasan Kalbar. Maka dari itu, Pemprov Kalbar akan terus mengambil tindakan dan mewaspadai akan hal tersebut.

 

#dinkeskalbar #bantuankesehatan #mobillabPCR

Galeri Kegiatan
Previous
Next
Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top