Gerakan Stretching Di Depan Meja Kerja

Pontianak, Dinkes Prov Kalbar

Duduk berlama-lama di depan komputer membuat kita sering pegal pada bagian leher. Maklum, pekerjaan kantoran pada umumnya mengharuskan kita duduk lebih dari 6 jam sehari. Kadang, tak hanya pegal, banyak orang yang lama duduk di kursi kerja merasa sakit di bahu. Rasa sakit timbul karena ada penumpukan asam laktat atau asam susu dalam pembuluh darah akibat kurangnya gerakan pada tubuh. Meski begitu, penumpukan asam laktat penyebab pegal ini tidak akan menimbulkan kerusakan atau robekan pada serabut otot. Lebih dari satu jam, sudah harus ada gerakan lain yang dilakukan, seperti berdiri, berjalan, atau melakukan peregangan. Stretching atau peregangan sangat penting untuk membantu Anda tetap fokus, meningkatkan energi, meredakan stress dan mengurangi rasa pegal-pegal akibat penumpukan asam laktat. Melakukan peregangan secara rutin di tempat kerja Anda bisa membantu mengurangi tekanan dan stres di depan meja kerja maupun dalam keseharian Anda. Oleh karena itu Pertimbangkanlah untuk melakukan stretching di tempat kerja Anda! Bekerja Sambil tetap bergerak setiap beberapa jam atau dirasa badan sudah pegal, bangunlah dari meja Anda dan berjalanlah di sekitar kantor Anda selama satu atau dua menit.

Sambil Duduk Lakukan

Peregangan Kepala :
1. Tegadahkan Kepala Selama 8 Hitungan
    Cara : Dorong dagu ke atas menggunakan ujung-ujung jempol tangan kanan dan kiri yang saling bertangkup      di depan mulut.
2. Tundukan kepala selama 8 hitungan
   Cara : Tundukan kepala dengan bantuan ke dua  telapak tangan terkait di atas puncak kepala sehingga dagu     hampir menyentuh leher.
3. Gerakan Kepala kesamping kanan dan kiri masing-masing 8 hitungan
   Cara : Lihat Bahu kanan dengan menolehkan wajah kekanan, tahan dengan bantuan telapak tangan kanan di     pipi kiri, lakukan sebaliknya untuk sisi kiri.
4. Miringkan Kepala ke sisi kanan dan kiri 8 Hitungan
    Cara : Secara perlahan  miringkan kepala ke pundak kanan, dengan dibantu oleh tarikan tangan kanan di            pundak kepala (Lakukan hal yang sama pada sisi kiri)
 
Peregangan Bahu :
1. Kaitkan kedua tangan arahkan dan dorongke depan sejauh mungkin 8 hitungan
2. Kaitkan kedua tangan arahkan dan dorong ke atas kepala sejauh mungkin 8 hitungan
3. Kaitkan kedua tangan arahkan dan dorong ke samping kanan dan kiri kepala sejauh mungkin 8 hitungan
4.Tekuk dan silangkan siku kanan sejajar leher, dorong ke belakang pundak kiri dengan telapak tangan kiri             mendorong siku kanan.8 hitungan, lakukan hal yang sama pada bahu kiri.
 
Peregangan Pinggang :
Posisi duduk menghadap ke depan, putar pinggang kekanan dengan menggerakkan kedua lengan ke arah kanan kursi sehingga wajah mengahadap ke kanan. 8 hitungan ( Lakukan hal yang sama untuk pinggang kiri. )
 
Peregangan Jari Jemari Tangan :
Tekuk ke dua lengan 90 derajat di sisi kanan kiri tubuh, lemaskan telapak tangan dan jari jemari sambil di kibas-kibaskan. 8 hitungan. (sur)

Berita di publikasikan oleh Tim Web Dinkes Prov Kalbar tahun 2018

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Back To Top