Gelar Pertemuan Peningkatan Kapasitas Sanitarian, Dinkes Berupaya Ciptakan Perilaku Higienis Dan Saniter Secara Mandiri

PONTIANAK – Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat menggelar Pertemuan Peningkatan Kapasitas Sanitarian Kabupaten/Kota dalam Pengawasan dan Peningkatan Kesehatan Lingkungan Melalui Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), yang digelar di Hotel Haris Pontianak, Senin (5/9/2022).

Pertemuan yang digelar oleh Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Prov Kalbar ini dihadiri oleh peserta kegiatan antara lain, Kepala Seksi/Sub Koordinator Seksi Kesling dan Pengelola Program STBM Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se-Kalbar.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka upaya meningkatkan perubahan perilaku higienis dan saniter secara mandiri dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Untuk upaya itu sendiri, terdapat 5 pilar STBM yang harus dilaksanakan oleh masyarakat secara mandiri. Pilar pertama yaitu Stop Buang Air Besar Sembarangan, pilar kedua yaitu Cuti Tangan Pake Sabun, pilar ketiga yaitu Pengelolan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga, pilar keempat yaitu Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan pilar kelima yaitu Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga.

Kegiatan ini diisi dengan materi yang disampaikan langsung oleh Subdit PASD Kemenkes RI, Kepala Bidang Kesmas Dinkes Prov Kalbar, dan Fasilitator STBM Dinkes Prov Kalbar. (ar)

 

 

#kemenkesrepublikindonesia #dinkeskalbar #haryagungtjahyadi #bidangkesehatandanmasyarakat

Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top