Gelar Gerakan Bersama Cuci Tangan Pakai Sabun dan Dialog Kesehatan di MTSN 2 Pontianak, Dalam Upaya Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS)

Selasa (19/10/21) – Kolaborasi bersama antara Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Dompet Ummat, dan pihak MTSN 2 Pontianak menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS).

Kegiatan peringatan HCTPS tersebut diselenggarakan di lingkungan MTSN 2 Pontianak dengan pokok acara antara lain; Ceremonial Yel-yel dan Gerakan cuci tangan pakai sabun bersama oleh Siswa-siswi MTSN 2 Pontianak, sambutan-sambutan, Penandatanganan MOU sekaligus penyerahan bantuan Masker dan Hand Sanitizer dari Dompet Ummat dan dari Dinkes Prov. Kalbar, serta diakhiri dengan dialog seputar kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat yang dalam kesempatan ini diwakilkan oleh Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Abdul Haris Jauhari, SKM, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan bahwa peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun ini menjadi momen kita untuk kembali menggerakan kebiasaan cuci tangan.

“Kebiasaan mencuci tangan pada saat hari peringatan CTPS ini menjadi momen kita untuk mereview, mengingat kembali dan juga menggerakkan kembali masyarakat yang mungkin sudah lupa pentingnya cuci tangan rutin pakai sabun. Jika tidak kita gerakkan secara bersama pada momen hari cuci tangan ini, mungkin saja akan ditinggalkan oleh masyarakat”. Ujarnya

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, dr. Sidiq Handanu, M.Kes juga menyampaikan bahwa kebiasaan cuci tangan yang dilakukan siswa-siswi MTSN 2 Pontianak ini diharapkan tidak hanya diterapkan di lingkungan sekolah saja tetapi juga di lingkungan luar.

“Apa yang dilakukan anak-anak di sekolah kita harapkan merupakan cermin dari perilaku yang dilakukan di masyarakat, kita harapkan kebiasaan yang anak-anak sudah lakukan di sekolah seperti cuci tangan pakai sabun, kebersihan lingkungan dll, itu bisa dibawa ke tingkat keluarga. Kemudian juga kampanyekan ke seluruh keluarga bahwa cuci tangan pakai sabun merupakan hal yang sangat penting”. Tuturnya

Kepala MTSN 2 Pontianak Yuliana, S.Pd, M.Pd dalam sambutannya juga menyampaikan harapan terkait pelaksanaan peringatan HCTPS yang sedang dilaksanakan.

“Terima kasih kepada Dinkes Provinsi, Dinkes Kota Pontianak, dan juga Dompet Ummat, mudah-mudahan hal ini bermanfaat, dapat mencerdaskan anak bangsa bertumbuh kembang dengan keadaan sehat. Tentunya didalam tubuh yang sehat, ide dan kreatif yang akan datang tergambar dengan adanya tubuh yang sehat itu”. Pungkasnya

#dinkeskalbar #dinkespontianak #dompetummat #mtsn2pontianak #haricucitanganpakaisabun #HCTPS #KalimantanBarat #Kalbar #kalbarsehat #kalbarjuara #kalbarhebat

Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top