Date & Time |
Menu

“GAWE BAKSOS” UPT. PELAYANAN KESEHATAN PARU BENTUK KEPEDULIAN PENINGKATAN KUALITAS KESEHATAN MASYARAKAT KALBAR

Pontianak, Dinkes Prov. Kalbar

Di dalam pembangunan kesehatan, Indonesia memiliki masalah kesehatan yang cukup kompleks. Bertambahnya jumlah penduduk dan meledaknya jumlah penduduk mempercepat terjadinya penularan penyakit dari orang ke orang. Faktor pertumbuhan dan mobilitas penduduk ini juga mempengaruhi perubahan gambaran Epidemiologis serta virulensi dari penyakit menular tertentu. Sedangkan perubahan zaman yang kian modern membawa dampak kebutuhan masyarakat akan hal-hal yang bersifat cepat dan instan sehingga banyak mengacuhkan standar kesehatan misalnya dari hal makanan dan minuman yang dikonsumsi serta pola hidup yang terkadang efisien dalam hal waktu namun mengganggu kesehatan tubuh.

Maka dari itu, selain sebagai fasilitas pemberi layanan kesehatan yang bersifat khusus pada penyakit paru, UPT Pelayanan Kesehatan Paru juga melakukan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dengan memberikan pelayanan kesehatan untuk penyakit-penyakit tidak menular baik dalam pelayanan rawat jalan, maupun dalam kegiatan langsung ke masyarakat seperti kegiatan Penyuluhan dan Pengobatan Gratis bagi warga.

Dalam peringatan TB DAY ( Hari TB ) pada bulan April 2019 yang lalu , dilakukan serangkaian  kegiatan yang bermanfaat untuk  masyarakat, anrata lain kegiatan Bakti Sosial  dengan melakukan pengobatan gratis dan penyuluhan tentang kesehatan paru dan TB . menurut keterangan Dr Fransisca ( Kepala UPT. Pelayanan Kesehatan Paru, Pontianak ) , Baksos dilaksanakan dua kali , yang pertama di  di UPT Pelayanan Kesehatan Paru pada tanggal 7 April 2019 , dan yang ke dua dilaksanakan di Kantor Lurah Dalam Bugis pada tanggal 14 April 2019 dengan target peserta baksos  masing-masing 150 orang.

Selain dari pengobatan gratis, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyuluhan kesehatan yang disampaikan oleh para dokter Spesialis Paru dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai penyakit paru khususnya penyakit Tuberkulosis.

Kegiatan tersebut terlaksana berkat kordinasi yang baik antara UPT Pelayanan Kesehatan Paru dengan Aparatur setempat serta Fasilitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat /Puskesmas di wilayah tersebut guna mendukung terselenggaranya kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat Kalbar. (upt. pkp)

BERITA DI PUBLISH OLEH TIM WEBSITE
DINAS KESEHATAN PROVINSI KLAIMANTAN BARAT

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on print

Recent Post

Back To Top