Fitur Baru, Check-in PeduliLindungi Kini Bisa Dilakukan Secara Offline

Ilustrasi akun PeduliLindungi (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Dinkes Kalbar – Dewasa ini, aplikasi PeduliLindungi sudah menjadi syarat penting yang diwajibkan untuk memasuki beberapa tempat umum.

Fitur check-in yang disediakan di aplikasi PeduliLindungi dapat membantu mengawasi tingkat kepadatan di sebuah kawasan, dan juga dapat melacak pengunjung yang berinteraksi di wilayah tersebut jika ternyata dalam suatu waktu ada kasus Covid-19 yang terdeteksi.

Fitur check-in sendiri sudah diterapkan hampir di setiap tempat umum mulai dari pusat perbelanjaan seperti mal, fasilitas transportasi umum, gedung perkantoran, dan tempat lainnya yang menjadikan check-in PeduliLindungi sebagai syarat masuk.

Namun terkadang koneksi internet yang kurang baik dapat menjadi kendala pada saat proses check-in. Tapi jangan khawatir lagi, masalah tersebut sudah didapat solusinya.

Dikutip dari laman resmi covid19.go.id dan Kemenkominfo, bahwa kini aplikasi PeduliLindungi dalam update terbarunya sudah bisa melakukan check-in secara offline.

Fitur offline check-in ini tentunya mempermudah masyarakat dalam proses check-in di tempat umum tanpa harus membutuhkan kuota internet dan membantu proses check-in di lokasi yang mungkin mempunyai masalah susah sinyal.

Untuk dapat menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu melakukan pembaruan aplikasi PeduliLindungi ke versi terbaru baik dari perangkat Android maupun iOS. Caranya, buka aplikasi PeduliLindungi kemudian pilih scan barcode di pintu masuk, dan pilih fitur check-in offline.

Jangan lupa, jika sudah selesai berkegiatan atau perlu keluar dari tempat yang sudah di check-in, maka lakukanlah Check-out langsung di aplikasi tersebut sehingga jumlah orang yang ada pada kawasan tersebut bisa update di aplikasi PeduliLindungi.

 

Sumber: Covid19.go.id, Kemenkominfo

#dinkeskalbar #pedulilindungi

Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top