Efek Buruk Ketika Gigi Kekurangan Kalsium dan Cara Mencegahnya

Mungkin banyak orang yang mengira kalau dalam menjaga kesehatan gigi, cukup dengan langkah rutin menyikat gigi. Padahal, tak cuma itu, kebutuhan nutrisi juga harus dipenuhi misalnya kalsium.

Salah satu fungsi utama dari kalsium ialah untuk mendukung pembentukan gigi agar tetap kuat. Bahkan dari jumlah kalsium yang ada di tubuh, sekitar 90 persennya tersimpan di gigi.

Mineral ini dibutuhkan untuk membentuk jaringan pada gigi seperti enamel (email), dentin, dan juga sementum gigi. Apabila gigi tidak mendapatkan asupan kalsium yang memadai, maka pembentukan jaringan tersebut pun akan terganggu dan mengakibatkan masalah pada kekuatan gigi itu sendiri.

Lantas, apa yang akan terjadi pada gigi jika kekurangan kalsium?

Efek Buruk Kekurangan Kalsium pada Gigi

  1. Gigi Mudah Rapuh dan Tanggal

Efek dari kekurangan kalsium pada gigi dapat membuat gigi mudah rapuh atau keropos. Kondisi ini juga bisa berisiko hingga kehilangan gigi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The American Journal of Medicine menemukan, asupan kalsium yang buruk berhubungan dengan kondisi kehilangan gigi pada 145 lansia.

  1. Risiko Gangguan Mulut dan Gangguan Nutrisi

Risiko tidak hanya berdampak buruk pada gigi, bahkan kekurangan kalsium juga bisa berpotensi menyebabkan penyakit mulut dan kanker mulut. Hal ini diulas dalam studi yang terbit di jurnal Clinical Oral Investigation pada tahun 2015.

Maka dari itu, cukupilah asupan kalsium harian dengan baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mencegah risiko penyakit pada mulut.

Namun, yang perlu digaris bawahi karena sekarang sudah banyak asupan kalsium dalam bentuk suplemen, maka disarankan untuk jangan sembarangan minum suplemen kalsium, ya. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter sebelumnya agar dosisnya sesuai dan terhindar dari efek samping.

Soalnya, mengonsumsi suplemen kalsium mungkin meningkatkan risiko serangan jantung, batu ginjal, dan gangguan pencernaan. Lebih baik utamakan asupan kalsium dari makanan dan minuman sehat.

Cara mencegah Kerusakan Gigi Akibat Kekurangan Kalsium

Agar tidak kekurangan kalsium, direkomendasikan untuk menambahkan lebih banyak makanan kaya kalsium dalam pola makan sehari-hari.

Ada berbagai makanan sumber kalsium yang bisa dipilih untuk memenuhi kebutuhan harian. Berikut daftar makanannya:

  • Susu dan produk olahannya, termasuk keju dan yoghurt
  • Susu kedelai
  • Tahu
  • Sayuran berdaun hijau
  • Kacang almond
  • Kacang polong
  • Jus jeruk
  • Ikan

Menurut Angka Kecukupan Gizi Kemenkes RI, anjuran konsumsi kalsium untuk orang dewasa setiap harinya adalah 1.000-1.200 miligram. Namun, jumlah ini perlu disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing.

Tapi selain kebutuhan kalsium, gigi juga perlu nutrisi tambahan dengan memakan makanan kaya vitamin D, C dan fosfor.

Vitamin D tentunya juga bisa menjaga kesehatan gigi dan vitamin C dapat membantu meningkatkan kesehatan gusi. Sementara, fosfor penting untuk gigi yang kuat yang bisa kita dapatkan dari kacang-kacangan, telur, dan juga daging sapi.

Perlu diingat, selain memenuhi asupan kalsium, perlu upaya pencegahan kerusakan gigi dengan cara merawat gigi dengan baik dan benar, seperti:

  • Merawat gigi dan gusi dengan menyikat gigi teratur, flossing, dan kunjungan ke dokter gigi setidaknya enam bulan sekali
  • Mengganti sikat gigi secara berkala
  • Membatasi minuman beralkohol
  • Tidak merokok
  • Mengunjungi dokter gigi segera jika terdapat ketidaknyamanan atau gejala lain yang terjadi di mulut

Sekian penjelasan mengenai bahaya gigi ketika kekurangan kalsium dan cara mencegahnya. Rawatlah selalu kesehatan gigimu demi menjaga kesehatan mulut yang baik.

 

Sumber: Kemenkes RI, The American Journal of Medicine, Clinical Oral Investigation, Medical News Today

#dinkeskalbar #gigi #kalsium #kesehatangigi #gigidanmulut

Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top