Edukasi Masyarakat dalam Upaya Penggunaan Obat yang Rasional

Keterangan Gambar : Kabid SDM Dinkes Kalbar bersama jajaran Dinkes Kab Bengkayangsaat sosialisasi Gema cernat di Kabupaten Bengkayang.

Pontianak, Dinkes Prov. Kalbar

Dalam rangka Gerakan Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) perlu dilakukan edukasi kepada masyarakat dalam peningkatan Penggunaan Obat yang Rasional yang pada akhirnya meningkatkan Penggunaan Obat Rasional di masyarakat. Ungkap Kabid SDM Dinkes Kalbar, Petrus Bud Raharjo, APP,M.Kes, di Bengkayang, 7/8.

Menurut Budi Petrus, tentuya perlu dilakukan sebuah pembekalan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GEMA CERMAT) pada Stakeholders dalam upaya meningkatkan pemahaman stakeholder tentang teknis pelaksanaan kegiatan GeMa CerMat. Dan dengan demikian tentunya diharapkan setiap pemangku kepentingan dapat ikut serta melaksanakan GeMa CerMat. Imbh Kanid SDM ini.

GeMa  CerMat  itu sendiri ungkap Kabid SDM ini, merupakan  upaya bersama  antara  pemerintah  dan masyarakat melalui rangkaian kegiatan dalam rangka mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar.

Keterangan Gambar : Narasumber Pusat bersama Kabid SDM Dinkes Kalbar dan Kabid Yankes Dinkes Kab Bengkayang saat kegiatan sosialisasi Gema Cermat.

Selaian itu pula Kabid SDM juga menjelaskan bahwa Penggunaan Obat yang Rasional (POR) merupakan salah satu langkah dalam upaya pembangunan kesehatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di setiap fasilitas pelayanan kesehatan yang aman dan bermutu, dampak dari itu semua kata Budi Petrus  yaitu, sehingga akan tercapainya keselamatan pasien (patient safety).

Dan menurut WHO kata Budi pula, penggunaan obat dikatakan rasional apabila pasien menerima obat yang sesuai dengan kebutuhan klinisnya, dalam dosis yang sesuai dengan kebutuhan, dan dalam periode waktu yang adekuat. Selaian itu pula diperkirakan di seluruh dunia lebih dari 50 % obat diresepkan dan digunakan secara tidak tepat, termasuk di Indonesia. Kata Kabid SDM menjelaskan. (sur)

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Back To Top