Dukung Percepatan Vaksinasi Nasional, Berikut 6 Cara Berkontribusi Dalam Pelaksanaan Vaksinasi

Sumber: @kues1

Pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat terus dijalankan pemerintah sampai saat ini. Terhitung pada akhir Oktober ini, sudah sekitar 119 juta masyarakat Indonesia yang telah mendapatkan vaksin COVID-19 untuk dosis pertama. Hal itu membuktikan bahwa pencapaian ini sudah melebihi 50% target sasaran, yang mana pemerintah menargetkan 208,5 juta orang mendapatkan vaksin pada Januari mendatang.

Sedangkan untuk Kalbar sendiri, menurut data capaian vaksinasi per tanggal 31 Oktober 2021 realisasi vaksinasi pertama sudah mencapai 40,42 % (1.565.440 orang), dan vaksinasi kedua sudah mencapai 22,18% (858.914 orang) dari target sasaran sebanyak 3.872.477 orang.

Pemerintah juga terus mengupayakan agar masyarakat mau melakukan vaksin dan senantiasa mengupayakan ketersediaan vaksinnya, demi mencukupi stok yang ada saat ini dan menjaga laju vaksinasi sesuai dengan stok vaksin yang ada.

Herd Immunity” yang ingin kita inginkan juga harus segera terwujud. Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin. Karena dengan vaksinasi dan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat, kita akan terlindungi dari bahaya COVID-19.

Guna mendukung proses percepatan vaksinasi nasional, kita juga bisa berkontribusi untuk mendorong masyarakat melakukan vaksinasi.

Sumber : rawpixel.com

Selain dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, mari bantu orang lain untuk bisa mendapatkan vaksin COVID-19.

Caranya bisa dengan yang sederhana saja, misalnya dengan membagikan fakta tentang vaksin, mencari tahu siapa di sekitar kita yang belum vaksin dan termasuk dalam kelompok prioritas untuk divaksin.

Atau dengan cara yang lebih proaktif, seperti membantu mereka untuk daftar antrian vaksin, antarkan ke lokasi dan pulang ke rumah dengan selamat, juga bantu mereka memahami efek samping yang mungkin dialami dan bagaimana cara menghadapinya.

Berikut 6 cara yang bisa kita lakukan untuk membantu masyarakat di sekitar kita dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19:

  1. Bagikan fakta tentang vaksin
  2. Cari tahu apakah mereka termasuk dalam kelompok prioritas untuk divaksin
  3. Daftarkan mereka untuk mengikuti vaksinasi
  4. Bantu agar mereka dapat pergi ke tempat vaksinasi dan kembali ke rumah
  5. Bantu jika mereka mengalami efek samping, cari informasi melalui http://kipi.covid19.go.id/
  6. Ingatkan untuk mendapatkan vaksin dosis kedua

Bantu mereka juga untuk memahami efek samping yang mungkin dialami dan bagaimana cara menghadapinya. Serta ingatkan mereka untuk tetap menjalankan protokol kesehatan.

Untuk informasi terkait COVID-19 kunjungi situs resmi Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional https://covid19.go.id/ dan https://s.id/infovaksin

Sumber: https://covid19.go.id/

#DinkesKalbar #VaksinCovid-19 #Kalbarsehat

Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top