Dinkes Prov Kalbar Ikut Serta Menyemarakkan Hari Keterbukaan Informasi Nasional 2022 di Kalbar

PONTIANAK – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes., membuka secara resmi kegiatan dalam rangka Hari Keterbukaan Informasi Nasional Tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Barat. Kegiatan ini digelar di halaman Plaza MTQ Universitas Tanjungpura Pontianak, Minggu (5/6/2022).

Kegiatan ini digelar oleh Komisi Informasi (KI) Provinsi Kalimantan Barat dengan sinergitas bersama badan publik dan juga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Terdapat beberapa macam kegiatan yang diselenggarakan. Terkhusus Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat dan UPT Klinik Utama turut berkontribusi dalam kegiatan vaksinasi, pemeriksaan kesehatan gratis, konseling kesehatan anak, dan konseling anak berkebutuhan khusus.

Selain itu, ada juga kegiatan lain yang dihadirkan seperti senam sehat, donor darah, pembagian bibit tanaman gratis, lomba karya tulis ilmiah, dan lomba mewarnai.

Dalam sesi sambutan, dr. Harisson menyampaikan bahwa keterbukaan informasi oleh badan publik perlu dilakukan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat.

“Penting untuk disadari, bahwa keterbukaan informasi sebagai bagian pelayanan publik perlu diselenggarakan guna mewujudkan tata kelola pemerintah yang berkualitas dengan prinsip Good Government di Kalbar”, ujar Sekda Kalbar.

Ia kemudian juga mengajak dan turut mendorong semua perangkat daerah di lingkungan Pemprov Kalbar maupun Kabupaten Kota se-Kalbar untuk mewujudkan keterbukaan informasi untuk publik.

“Saya mendorong semua perangkat daerah baik di lingkungan Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk benar benar melaksanakan keterbukaan informasi. Ini kan untuk masyarakat, jadi merupakan hak masyarakat untuk tahu apa yang dilakukan pemerintah,” ungkapnya

Disisi lain, Ketua Komisioner KI Kalbar, yang juga merupakan Komisioner KI Pusat, Rospita Vici Paulyn, S.T., Mediator., turut mengungkapkan bahwa masyarakat mempunyai hak untuk mendapatkan informasi dari seluruh badan publik di Kalbar.

“Hak bapak-ibu untuk terhadap informasi dilindungi Undang-Undang, dan badan publik diwajibkan untuk membuka seluruh informasi kecuali informasi yang masuk dalam informasi yang dikecualikan,” jelasnya

Dalam kegiatan ini turut hadir Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Prov Kalbar, jajaran Komisioner Komisi Informasi Prov Kalbar, Walikota Pontianak, Plh Kepala Dinas Kominfo Prov Kalbar serta Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kubu Raya dan juga Mempawah. (dny)

 

#dinkeskalbar #hariketerbukaaninformasi2022 #HARKIN #kesehatan

Galeri Kegiatan
Previous
Next
Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top