Dinkes Kalbar Hadirkan 114 Posko Kesehatan di Beberapa Wilayah Jelang Natal dan Tahun Baru 2023

PONTIANAK – Jelang Natal dan Tahun Baru 2023, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat telah menyiapkan sebanyak posko kesehatan yang tersebar di Kabupaten/Kota se-Kalbar. Posko kesehatan tersebut beberapa diantaranya tergabung dalam Pos Pelayanan Terpadu Kalimantan Barat yang tergabung bersama stakeholder terkait.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, drg. Hary Agung Tjahyadi, M.Kes., menuturkan bahwa pihak kesehatan dari tiap Kabupaten/Kota sudah menyiapkan sebanyak 114 posko kesehatan yang tersebar di berbagai titik.

“Posko untuk di terminal/bandara ada 20, pelabuhan ada 9, tempat wisata dan rumah ibadah ada 13, kemudian di simpang-simpang jalan khususnya pada area ramai itu ada 61, dan Poslantas ada 3. Penyediaan posko kesehatan juga kita sediakan di bandara supadio, pelabuhan dwikora, dermaga kapuas besar, dan juga terminal ambawang,” jelasnya.

Untuk perhitungan posko di tiap Kabupaten Kota sejauh ini, Kabupaten Sambas berjumlah 3, Kabupaten Melawi 14, Kabupaten Sanggau 5, Kabupaten Landak 7, Kabupaten Ketapang 42, Kabupaten Kapuas Hulu 4, Kota Pontianak 7, Kabupaten Bengkayang 4, Kabupaten Kayong Utara 5, Kabupaten Kubu Raya 4, Kabupaten Mempawah 2, Kota Singkawang 3, Kabupaten Sekadau 9, dan Kabupaten Sintang 5.

Selain itu, terdapat juga 173 Fasyankes yakni Puskesmas dan Rumah Sakit yang siap siaga 24 jam dalam melayani masyarakat jelang Natal dan Tahun Baru 2023 ini.

Posko kesehatan yang dihadirkan mulai 23 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023 ini memberikan pelayanan berupa pemeriksaan kesehatan, pengobatan dan vaksinasi COVID-19.

“Pos kesehatan disini memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan, pengobatan yang sifatnya kedaruratan, dan juga memberikan pelayanan vaksinasi COVID-19,” ujar Kadinkes Kalbar melanjutkan.

Ia juga berharap agar posko kesehatan ini dapat dimanfaatkan masyarakat dengan baik demi kelancaran aktivitas baik mudik maupun aktivitas-aktivitas pada periode Nataru. (dny)

.

#dinkeskalbar #poskokesehatan #nataru #nataldantahunbaru2023 #kesehatan

Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top