Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Mengadakan Pertemuan Koordinasi Penyelenggaraan Upaya Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) Bagi Kabupaten/Kota Di Pontianak

Pembangunan kesehatan bertujuan agar terciptanya masyarakat Indonesia yang hidup dan berperilaku hidup dengan  lingkungan sehat dan mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu. Pelaksanaan pelayanan kesehatan harus dilakukan secara adil, merata, dan optimal di seluruh Indonesia. Salah satunya  gigi dan mulut program kesehatan umum. Salah satu aksi prioritas dari GOHP, khususnya untuk anak sekolah dan remaja adalah promosi kesehatan gigi di sekolah.

Salah satu program teknis dari Departemen of Non-communicable Disease PrevenƟ on and Health PromoƟ on yang mewadahi program kesehatan gigi dan mulut secara global adalah WHO Global Oral Health Programme (GOHP). Program ini menyarankan negara-negara di dunia untuk mengembangkan kebijakan pencegahan penyakit gigi dan mulut serta promosi kesehatan gigi dan mulut. Kebijakan ini juga mendukung integrasi program kesehatan gigi dan mulut dengan program kesehatan umum. Salah satu aksi prioritas dari GOHP, khususnya untuk anak sekolah dan remaja adalah promosi kesehatan gigi di sekolah.

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat mengadakan Pertemuan Koordinasi Penyelenggaraan Upaya Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) Bagi Kabupaten/ Kota. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 9 s/d 11 Setember di Hotel Mercure Jl. Ahmad Yani No. 91 Pontianak. Pertemuan ini diikuti oleh 87 orang peserta yang terdiri dari: Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat 17 orang, Dinas Kesehatan Kota Pontianak 5 orang, Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya 5 orang,   dalam sambutannya dr. Harisson M.Kes menyapaikan mengucapkan selamat datang dan Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah 5 orang, Dinas Kesehatan Kota  Singkawang 5 orang, Dinas Kesehatan  Kabupaten Sambas 5 orang, Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkayang 5 orang, Dinas Kesehatan Kabupaten Landak 5 orang, Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau 5 orang, Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau 5 orang, Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi 5 orang, Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang 5 orang, Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu 5 orang.  dalam sambutannya dr. Harisson M.Kes menyapaikan ucapkan selamat datang dan mengucapkan banyak terima kasih atas ketersediaan waktu bagi peserta yang telah hadir dan mengikuti pertemuan ini. Beliau menyampaikan pertemuan ini bertujuan untuk: Meningkatkan upaya promotif dan preventif kesehatan gigi mulut, Melakukan koordinasi antara Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten Kota dan Sekolah dalam pelaksanaan UKGS, Diperolehnya gambaran tentang pelaksanaan UKGS di wilayah kerja puskesmas, Terlaksananya monitoring dan evaluasi tentang pelaksanaan UKGS di Kabupaten/ Kota. Sebagai Narasumber Direktorat  Pelayanan Kesehatan Primer Kementerian  Kesehatan RI, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Maranatha  Bandung (metode daring), Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran Bandung (metode daring) Persatuan Dokter Gigi Indonesia Wilayah Kalimantan Barat, dan Guru Taman Kanak-Kanak Nurul Muslimin Kab. Kubu Raya.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top