Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Melakukan Pengambilan Sample Swab di Poltekkes Kemenkes Pontianak

Pemeriksaan Swab disebut juga tes PCR (polymerase chain reaction) yang merupakan metode test untuk mengetahui seseorang terkonfirmasi virus Covid-19 atau tidak dengan cara pemeriksaan ( sampel ) pada nasofaring atau orofarings. Pengambilan ini dilakukan dengan cara mengusap rongga nasofarings atau orofarings dengan menggunakan alat seperti cotton bud khusus.

Poltekkes Kemenkes merupakan salah satu Universitas yang ada di kota Pontianak, Kalimantan Barat yang melakukan pemeriksaan Swab terhadap karyawan dan mahasiswa di kampus yang berada di Jl. 28 Oktober Siantan Hulu Pontianak Utara. Pelaksanaan pemeriksaan ini dilakukan pada bulan Agustus tahun 2020 oleh Tim Dinas Kesehatan  Provinsi Kalimantan Barat bersama Laboratorium Provinsi Kalimantan Barat, pemeriksaan Swab dilakukan tanpa di pungut biaya atau gratis.

Pada tes PCR, sampel yang biasa digunakan adalah apus tenggorok di belakang hidung (nasofaring) atau belakang mulut (orofaring). Swab test Covid-19 dengan sampel nasofaring lebih direkomendasikan dan  sampel orofaring diambil sebagai alternatif. Prosedur swab test Covid-19 melalui hidung, pasien akan diminta untuk meniup napas melalui hidung guna memastikan tidak ada sumbatan, mendongak, alat swab berupa cotton bud dengan tangkai panjang dimasukkan ke dalam lubang hidung pasien hingga mencapai bagian belakang hidung, dan sampel diambil dengan cara menyapukan dan memutar alat swabtersebut selama beberapa detik. Dan swab test Covid-19 melalui tenggorokan dengan memasukkan alat swab ke mulut pasien hingga mencapai bagian belakang tenggorokan dan Swab tidak boleh menyentuh lidah, pengambilan sampel dengan menyapukan dan memutar alat swab tersebut selama beberapa detik.

Pemeriksaan swab ini merupakan cara penanggulangan wabah pandemik Covid-19 yang terjadi sejak akhir Februari tahun 2020.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top