Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Melakukan Pemeriksaan SWAB PCR Di Gedung Bioskop XXI Pontianak Ayani Megamal Jumat 19 Februari 2021 Untuk Mencegah Penularan Virus Covid-19

Swab merupakan metode tes untuk mengetahui apakah seseorang di diagnosis Covid-19 dengan mengambil sampel pada nasofaring atau orofarings. Pengambilan ini dilakukan dengan cara mengusap rongga nasofarings atau orofarings dengan menggunakan alat seperti  cotton buds berupa kapas lidi khusus. Polymerase Chain Reaction ( PCR ) adalah cara ataupun metode yang dilakukan untuk pemeriksaan virus Covid-19 dengan mendeteksi DNA virus kemudian di uji untuk mengetahui apakah seseorang positif atau tidak virus Covid-19.

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat yang merupakan gugus tugas penanganan percepatan Covid-19 dr. Harisson, M.Kes mengatakan gedung bioskop merupakan salah satu tempat berkumpulnya banyak orang dan dapat menjadi salah satu tempat sumber penularan virus Covid-19 untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan SWAB PCR. Pelaksanaan pemeriksaan SWAB PCR dilakukan pada hari Jumat tanggal 19 Februari 2021 di gedung bioskop Ayani Megamal Pontianak. Hasil pemeriksaan diketahui ada 5 orang karyawan XXI yang positif virus Covid-19 dan harus melakukan isolasi mandiri dan pengobatan. Sebagai tindak lanjut dari adanya temuan tersebut, untuk itu gedung bioskop XXI Ayani Megamal harus ditutup selama 2 minggu.

Penutupan gedung bioskop dilakukan untuk mencegah penularan virus Covid-19 agar tidak menyebar ke masyarakat. Untuk itu dr. Harisson M.Kes tetap menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga protocol kesehatan dengan 3M, menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan makan – makanan yang bergizi serta jika tidak perlu dan mendesak jangan keluar rumah.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Back To Top