DINAS KESEHATAN PROVINSI KALIMANTAN BARAT MELAKSANAKAN RAPAT PERSIAPAN UJI KOMPETENSI KENAIKAN JENJANG JABATAN FUNGSIONAL KESEHATAN TAHUN 2020

Rapat persiapan uji kompetensi kenaikan jenjang jabatan fungsional kesehatan merupakan rapat di lingkungan yang bersifat resmi dan sering disebut dengan istilah rapat dinas. Rapat dinas dilaksanakan untuk membahas hal-hal yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas suatu instansi tertentu. Situasi tersebut menuntut para anggotanya untuk bekerjasama memecahkan permasalahan atau merencanakan suatu agenda kegiatan. Kebutuhan ini direalisasikan dalam bentuk rapat baik  rutin, resmi, atau lebih bersifat pertemuan khusus.

Pelaksanaan rapat uji kompetensi kenaikan jenjang jabatan fungsional kesehatan dilakukan di Dinkes Prov Kalbar dengan protokol kesehatan di masa pandemik Covid-19 harus menjaga jarak (social distancing), memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan sesuai anjuran WHO di air yang mengalir di tempat yang telah disediakan, dan melakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan thermometer. Kegiatan rapat dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 11,  bulan  juni tahun 2020. Peserta dalam rapat yaitu :

1. Tim penguji perawat  8 orang

2. Tim penguji perawat gigi 1 orang

3. Tim penguji perekam medis 1 orang

4. Tim penguji radiografer terdiri dari 1 orang

5. Tim penguji elektromedis 1 orang

6. Tim penguji pembimbing kesehatan kerja 1 orang

7. Panitia pelaksana 11 orang

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat atau yang mewakili Kepala Bidang SDK menyampaikan bahwa Uji kompetensi kenaikan jabatan fungsional kesehatan merupakan suatu proses untuk mengukur pengetahuan, keterampilan dan sikap tenaga kesehatan sesuai dengan standar profesi. Setiap tenaga kesehatan yang akan menjalankan pekerjaannya wajib memiliki STR.

Untuk memperoleh STR, tenaga kesehatan harus terlebih  dahulu harus memiliki ijazah dan sertifikat kompetensi. Ijazah ini dikeluarkan oleh perguruan tinggi bidang kesehatan dan sertifikat kompetensi dikeluarkan oleh KTKI (Komisi Tenaga Kesehatan Indonesia) setelah yang bersangkutan lulus uji kompetensi. Uji kompetensi tenaga kesehatan biasanya dilaksanakan pada evaluasi akhir program pendidikan. Uji kompetensi ini diselenggarakan oleh KTKI. Dalam pelaksanaan uji kompetensi tersebut dibutuhkan persiapan baik yang bersifat teknis maupun administratif agar dalam pelaksanaan nya berjalan lancar.


Keterangan : Pelaksanaan Rapat Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang Jabatan Fungsional Kesehatan di Dinkes Prov Kalbar.
Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top