DINAS KESEHATAN LAKSANAKAN PELAYANAN KESEHATAN BAKTI SOSIAL OPERASI BIBIR SUMBING BAGI MASYARAKAT

Bibir sumbing dan celah langit-langit merupakan suatu kelainan bawaan yang terjadi pada bibir bagian atas, langit-langit lunak, dan langit-langit keras dalam mulut. Kelainan ini biasanya terjadi pada bibir bagian atas. Kelainan ini disebabkan oleh gangguan pada saat pembentukan organ tubuh wajah selama masa kehamilan. Anak-anak yang terlahir dengan kondisi bibir sumbing dan tanpa langit-langit biasanya merasa rendah diri karena penampilan fisik mereka berbeda dari anak-anak lainnya

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat bekerja sama dengan RS. Kartika Husada dan tim dokter spesialis  organisasi Smile Train Indonesia (STI) melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan bakti sosial operasi bibir sumbing bagi masyarakat, tanggal 10 Desember 2019, dengan jumlah peserta 29 orang  anak-anak dan 1 orang dewasa.

Syarat mengikuti operasi adalah pasien celah bibir/bibir sumbing berusia min 3 bulan (sampai usia dewasa tanpa batasan usia), berat badan min 10 kg dan Hemoglobin (Hb) minimal 10 mg/dl  (pemeriksaan Hb dilakukan sebelum operasi di RS. Kartika Husada tanggal 09 Desember 2019/sebelum operasi), pasien celah langit-langit/langit berlubang berusia minimal 1 tahun, berat badan badan minimal 10 kg, tidak dalam keadaan sakit (batuk, pilek, demam, dll) dan pasien yang merasa perlu perbaikan celah bibir atau langit-langit (infokes).

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Back To Top