Deteksi Retinoblastoma Sejak Dini Hindari Anak dari Kebutaan

Ket Gambar. : Narasumber Kemenkes dan Kadinkes dan petugas kesehatan sesaat kegiatan sosialisasi Deteksi dini Kanker mata pada anak

Pontianak, Dinkes Prov Kalbar

Kebutaan dapat di cegah dan di hindari jika sejak dini kita melakukan deteksi Retinobkastoma, karena retinoblastoma terjadi di karenakan keterlambatan melakukan diagnose, dan terjadi dikarenakan kendala kutur dan sosioekonomi, maupun kurangnya informasi di level layanan kesehatan prmer, hal ini di sampaikan Kadinkes Prov Kalbar dr. Andy Jap saat memberikan arahan keada petugas kesehatan saat kegiatan Deteksi dini Retinoblastoma Selasa (18/9)

Masalah penting lainnya adalah minimnya program retinoblastoma, seperti kurangnya sarana pelatihan,dan peningkatan pengetahuan terkait  retinoblastoma. Di tingkat FKTP Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, kata Andy.

Sebagai salah satu tim dalam pelayanan kesehatan memegang peranan penting dalam deteksi dini maupun penatalaksanaan retinoblastoma. hal ini tentunya akan memberikan dampak terhadap cakupan deteksi yang di harapkan.

Selain itu lanjut Andy, penerapan penemuan dini Kanker pada anak tentunya memberikan pemahaman masyarakat dan keluarga terhadap kanker mata, sehingga masyarakat mengetahui apa itu kanker mata dan bagaimana menyikapi dan melakukan penatalaksanaan agar Retinoblastoma benar- benar dapat di mengerti dan di pahami oleh masyarakat.

Penemuan dini yang dilakukan tim tentunya akan memebrikan dampak positif bagi masyarakat sehingga jika terdapat anaknya suspek Retinobalstoma mereka dengan cepat mengetahui seberaa berat stadium dari ca retina tersebut, kata Andy. (surya)

Berita ini di Publikasikan oleh tim Web Dinkes Prov Kalbar tahun 2018

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Back To Top