CEGAH COVID-19 DINAS KESEHATAN PROVINSI KALIMANTAN BARAT MELAKUKAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN PADA OPD DI LINGKUNGAN PEMDA

Penyebaran virus COVID-19 yang belum kunjung reda membuat pemerintah daerah  semakin waspada. Pemerintah daerah melakukan berbagai cara untuk mencegah penularan COVID-19, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyemprotkan disinfektan pada OPD ( Organisasi Pemerintah Daerah ) di jajaran Pemda Kalbar. Disinfektan merupakan proses dekontaminasi yang menghilangkan atau membunuh segala hal terkait mikroorganisme (baik virus maupun bakteri) pada objek permukaan benda mati.

Perlu diketahui bahwa proses ini memiliki dampak kesehatan seperti menimbulkan bau dan mengiritasi tangan bahkan mengganggu pernapasan. Agar penyemprotan efektif biasanya petugas harus mencuci tangan yang bersih, menggunakan sarung tangan dan menggunakan pakaian khusus untuk melindungi tubuh.

Penyemprotan disinfektan sudah dilaksanakan oleh Tim Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat antara lain di BALITBANG Provinsi Kalimantan Barat 23 Maret 2020, Biro PBJ Setda Provinsi Kalimantan Barat 27 Maret 2020, Jembatan Timbang Siantan 1 April  2020, Kantor Dinas Pendapatan Daerah Adi sucipto 9 April 2020,  OPD Provinsi Kalimantan Barat 13 s/d 15 April 2020,  Inspektorat Provinsi Kalimantan Barat 11 Mei 2020. Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan secara berkesinambungan sampai wabah COVID-19 berakhir.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat menyampaikan penyemprotan disinfektan yang dilakukan pada OPD seluruh area tempat bekerja pegawai sebagai tindak lanjut dalam pencegahan penyebaran virus COVID-19. Dan di menghimbau juga agar seluruh OPD tetap menjaga kebersihan di lingkungan kerjanya masing-masing dan mencegah sedini mungkin menyebarnya virus COVID-19.

Lokasi Penyemprotan Disinfektan pada Dinas Pendapatan Daerah Adi Sucipto

Pemerintah daerah juga telah menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam mencegah penularan COVID-19 dengan selalu menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan serta melakukan Sosial Distancing atau mengurangi jumlah aktivitas di luar rumah dan interaksi dengan orang lain, mengurangi kontak tatap muka langsung guna memutus penyebaran COVID-19  di lingkungan tempat kerja dan masyarakat.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Back To Top