Bulan Imunisasi MR Berakhir Tetapi Imunisasi Tetap di Lanjutkan

Dinas Kesehatan <br> Provinsi Kalimantan Barat

Dinas Kesehatan
Provinsi Kalimantan Barat

Imunisasi
Pontianak, Dinkes Prov. Kalbar

Bulan Imunisasi telah berakhir 31 Oktober 2018  tetapi bukan berarti imunisai tersbut juga berakhir” hal ini di sampaikan Kepala Bidang P2P Dinkes Prov Kalbar, Marselina, SKM, MAP, Senin 5 Nov 2018, di tambahkan oleh Marselena , bahwa program  Imunisasi  Measles Rubela (MR) yang di canangkan oleh Kementerian Kesehatan ini memang sudah berakhir di 31 Oktober 2018 yang lalu tetapi pemberian Imunisasi MR tersebut tetap terus dilanjutkan dengan  pola layanan Imunisasi rutin  di pusat-pusat pelayanan kesehatan yang ada.

Berdasarkan laporan pelaksanaan  imunisasi MR Dinkes Kabupaten/Kota,  Memang cakupan Imunisasi di Kalimantan  Barat baru 73%  dan secara nasional  Kalbar urutan ke 17 dari 28 Provinsi di luar jawa ( Nasional : 63,52% ) tetapi kita tetap melanjutkan hingga seluruh target dari yang layak untuk di Imunisasi benar-benar di berikan Imunisasi, karena Imunisasi ini sangat penting bagi anak-anak agar terhindar dari penyakit Rubela dan Campak.

Bidang P2P khususnya seksi Survailance dan Imunisasi tetap terus bekerja dan terus memberikan motivasi dan informasi serta menghimbau kepada masyarakat dan petugas kesehatan di daerah khsusunya di 6 (enam ) kabupaten/kota yang grafik cakupan MR nya masih merah untuk tetap berkampanye dan mengajak masyarakat untuk melakukan Imunisasi dengan menggandeng pemerintah daerah untuk membantu pelaksanaan imunisasi MR keseluruh sasaran yang belum terjangkau petugas imunisasi. Pada kesempatan kami  melakukan monitoring evaluasi dan  pada kesempatan –kesempatan lainnya di saat bertemu dengan masyarakat dalam berbagai kegiatan lapangan kami tetap menghimbau masyarakat untuk memberikan hak dasar anak yaitu imunisasi khususnya MR agar terhindar dari campak dan Rubela .

Menurut Marselina (Kabid P2P) , Dinkes Provinsi tetap mensuport pelaksanaan program Imunisasi di Kabupaten/Kota dalam kapasitasnya sebagai tugas dan fungsi  Dinas Kesehatan Provinsi. (sur)

Berita ini di Publikasikan oleh tim Web Dinkes Prov Kalbar tahun 2018