BPRS Berperan Aktif Meningkatkan Kualitas Rumah Sakit

Pontianak, Dinkes Prov. Kalbar

BPRS (Badan Pengawas Rumah Sakit) berfungsi mengoptimalkan dan berperan secara maksimal untuk melakukan pembinaan dan pengawasan rumah sakit serta dapat menjalankan fungsi kontrol secara independen terhadap penyelenggaraan pelayanan rumah sakit pemerintah maupun swasta. Hal ini di jelaskan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar dr. Andy Jap, M.Kes beberapa waktu di saat kunjungan kerja bersama tim BPRS Provinsi Kalbar ke tiga Rumah Sakit  di Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas.

Menurut Kadinkes, BPRS juga diharapkan dapat menjembatani pengaduan masyarakat dengan cara mediasi mulai dari internal rumah sakit, provinsi hingga pusat.  Dan yang terpenting, BPRS hendaknya dapat bersinergi dengan organisasi/lembaga dengan kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, sehingga memberikan perlindungan dan rasa aman kepada rumah sakit dan pasien.

Dalam kunjungan kerja tersebut Kadinkes Provinisi Kalbar di dampingi oleh Ketua BPRS Provinsi Kalbar, Dr. H. Pendi tjahya perdjaman, M.kes dan Dr. Noebassyah siregar, M.kes. Menurut dr. Pendi bahwa BPRS ini adalah amanat Undang-Undang Rumah Sakit, pada pasal 54 yang mengamanatkan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap rumah sakit dengan melibatkan organisasi profesi, asosiasi perumahsakitan dan organisasi kemasyarakatan lainnya, sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. (sur)

Leave a reply :

Berita Update

Jam Layanan & Informasi

  • Jalan D.A. Hadi Nomor 7, Pontianak
  • +62 561 734458
  • Senin - Jumat 08.00 - 15.00

Like & Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on print

Subscribe to our newsletter

Don't miss new updates on your email