Bidan Terlatih Kontribusi Positif Terhadap Status Ibu Hamil

Ket Gambar : Arahan Kadinkes Prov Kalbar saat Pembukaan Orientasi BIdan dalam Pelayanan ANC Standar di Hotel Mahkota Pontiana, 18/9 2018

Pontianak, Dinkes Prov Kalbar

Bidan berpengaruh terhadap peningkatan Status Kesehatan Ibu Hamil” demikian di sampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, dr.Andy Jap, M.Kes saat membuka Orientasi Bidan Pelayanan ANC sesuai standar di Hotel Mahkota, Selasa,18/9.

Berdasarkan data WHO di Indonesia sekitar 15 – 20 % terjadi kejadian komplikasi pada wanita hamil yang di dapat menyebabkan kematian, hal ini diantaranya disebabkan kurangnya informasi dan penanganan  dan pelayanan yang standar dalam  Antenatal Care (ANC)  yang merupakan sebuah pemerikasaan kehamilan untuk mengoptimalkan kesehatan mental dan fisik ibu hamil, hingga mampu menghadapi persalinan, kala nifas, persiapan pemberian ASI dan kembalinya kesehatan reproduksi secara wajar. Tambah Andy.

Dengan pelayanan yang baik, dapat diidentifikasi kehamilan beresiko tinggi dan dilanjutkan dengan perawatan khusus. Pelayanan antinatal yang berkualitas dan dilakukan sedini mungkin secara teratur akan membantu pengurangan resiko terhadap kejadian anemia. Secara ringkas pelayanan antinatal minimal 4 kali salama kehamilan, yaitu: 1 kali pada trimester I, 1 kali pada trimester II. Dan 2 kali pada trimseter III untuk mendapatkan pelayanan 5T, imbuh Andy.

Sebagai penutup Andy menyampaikan bahwa dengan pelatihan yang standar bagi bidan yang menanganai ANC akan dapat mengurangi resiko komplikasi pada ibu hamil dan Janin, Punkas Andy. (surya).

Berita ini di Publikasikan oleh tim Web Dinkes Prov Kalbar tahun 2018

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Back To Top