Ayo Cerdas Memilih Obat Tradisional Yang Aman [Selasa Sehat]

Saat ini pengobatan tradisional merupakan alternatif pengobatan yang dilakukan oleh masyarakat agar sembuh dari penyakit yang diderita seperti akupuntur, bekam, penggunaan obat-obat herbal dan jamu, pijak refleksi, hypnosis dan lain sebagainya.

Penggunaan obat-obat herbal dan jamu biasanya menjadi pilihan masyarakat karena dianggap lebih alami dan aman dikonsumsi. Tetapi ada beberapa hal yang perlu masyarakat ketahui apabila ingin mengkonsumsi obat-obat tradisional (dari bahan alam) sehingga pengobatan menjadi lebih rasional.

Obat tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik), atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan, dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku dimasyarakat.

Obat tradisional dibagi menjadi:

  1. Jamu: klaim khasiat dibuktikan berdasarkan data empiris
  2. Obat herbal terstandard: klaim khasiat dibuktikan secara ilmiah / pra klinik, dan telah dilakukan standarisasi terhadap bahan baku yang digunakan dalam produk jadi.
  3. Fito farmaka: klaim khasiat harus dibuktikan berdasarkan uji klinik, dan telah dilakukan standarisasi terhadap bahan baku yang digunakan dalam produk jadi.

Obat Tradisional yang diedarkan di wilayah Indonesia WAJIB memiliki Izin Edar yang diberikan oleh Badan POM RI. Namun ada yang dikecualikan (tidak wajib memiliki izin edar ) yakni Obat tradisional yang dibuat oleh Usaha Jamu Racikan dan Usaha Jamu Gendong.

Oleh karena itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, drg. Hary Agung Tjahyadi, M.Kes., menghimbau kepada masyarakat Kalbar untuk lebih CERDAS Memilih Obat-Obat Tradisional dengan cara:

  1. Cek kemasan obat seperti kemasan dalam keadaan bersih, tidak bocor, tidak menggembung.
  2. Cek label seperti nama produk harus jelas, nama produsen, nomor ijin edar BPOM, komposisi, tanggal kedaluarsa.
  3. Pastikan obat tersebut tidak mengandung Bahan Kimia Obat.

.

#dinkeskalbar #selaseh #selasasehat #obattradisional #obat #cerdasmemilihobat

Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top