Date & Time |
Menu

“Asuhan Gizi Menentukan Diagnosis Dan Intervensi Gizi Dengan Tepat Dan Cepat”

Pontianak, Dinkes Prov. Kalbar

“Tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan gizi dipuskesmas perlu memahami tentang proses asuhan gizi sehingga dapat menentukan diagnosis dan intervensi gizi dengan tepat dan cepat baik pada pelayanan gizi perseorangan maupun gizi masyarakat.” Kata Kadinkes Provinsi Kalbar, dr. Harissson, M.Kes saat membuka kegiatan orientasi  asuhan gizi puskesmas tingkat prov. Kalbar, akhir Juni 2019 lalu di Hotel Gajahmada Pontianak.

Dijelasakan Kadinkes Prov kalbar ini, bahwa tenaga yang memberikan pelayan gizi dipuskesmas idealnya adalah tenaga profesional yang memberikan pelayanan fungsional teknis mengenai layanan gizi meliputi aspek asuhan gizi klinis, asuhan gizi masyarakat dan penyelenggaraan makanan sebagai substansi terapi pada pasien.

Selain itu lanjut dr. Harisson mengatakan upaya pelayanan gizi perseorangan lebih bersifat layanan individu mencakup upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Sedangkan upaya pelayanan gizi masyarakat juga mencakup upaya promotif dan preventif tanpa mengabaikan upaya  kuratif dan rehabilitatif tersebut dengan  pendekatan keluarga.

Selain itu, Tenaga kesehatan puskesmas perlu memiliki kemampuan dalam penanganan masalah gizi  di wilayahnya. Dan peran tenaga kesehatan dalam menjalankan tanggung jawabnya perlu dilengkapi dengan pedoman yang dapat menjadi panduan, oleh karena itu kiranya sangat diperlukan orientasi proses asuhan gizi dipuskesmas yang mengacu kepada pedoman praktis bagi tenaga kesehatan di puskesmas dalam melaksanakan asuhan gizi.imbuh Kadinkes Provinsi Kalbar.

Arahan Kadinkes Provinsi Kalbar, dr. Harisson, M.Kes kepada peserta Orientasi Gizi di Puskesmas yang di damping Kepala Bidang Kesmas Yulianus Jualang, M.Si dan Kasie Kesga Gizi, Agatha Rosana, S.Kep, Ns.

Ditambahkan pula oleh Kabid Kesmas dinkes Kalbar, Yulianus, S.Kep, M.Si, bahwa pada kegiatan pertemuan orientasi gizi tingkat Puskesmas se Kalimantan Barat ini, peserta akan di bekali beberapa materi antara lain mengenai overview pelaksanaan proses asuhan gizi puskesmas, materi lainnya berupa kebijakan proses asuhan gizi puskesmas, konsep dasar proses asuhan gizi penjelasan proses asuhan gizi individu yang disampaikan oleh narasumber Provinsi.

Selanjutnya kata Kabid Kesmas, disampaikan juga materi tentang studi kasus dan pembahasan  proses asuhan gizi  individu oleh fasilitator Provinsi, penjelasan proses asuhan gizi masyarakat, dan yang ada materi tentang kajian studi kasus dan pembahasan proses asuhan gizi masyarakat. (sur)

BERITA DI PUBLISH OLEH TIM WEBSITE
DINAS KESEHATAN PROVINSI KLAIMANTAN BARAT

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on print

Recent Post

Back To Top