ASPAK Sarana Perencanaan yang Baik

Pontianak, Dinkes Prov. Kalbar

ASPAK (Aplikasi Sarana dan Prasarana Alat Kesehatan) merupakan  sebuah aplikasi untuk membantu penyusunan perencanaan yang bermutu, baik di tingkat Dinas kesehatan kabupaten/kota maupun untuk rumah sakit. Hal ini di sampaikan oleh  Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, drg. Hary Agung Tjahyadi, M.Kes saat membuka acara pertemuan Penerapan ASPAK pada Penyusuann Sarana Prasarana Alat  Kesehatan 6-8 Februari 2019 lalu.

Menurut drg. Hary Agung, di hadapan peserta pertemuan yang mengundang pengelola ASPAK  Dinas kesehatan dan Rumah Sakit Pemerintah dari 14 kabupaten/kota se Kalimatan Barat, bahwa perencanaan yang baik dapat menjawab pemenuhan kebutuhan Alkes yang terkait jenis, spesifikasi dan jumlah yang sesuai dengan kemampuan pelayanan, beban pelayanan, perkembangan teknologi kesehatan, dan sumber daya manusia di Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit.

“ ASPAK “ dapat menjadi sebuah rujukan dalam perencanaan yang baik untuk pemenuhan sarana, prasarana dan alat kesehatan melalui ketersediaan data ataupun informasi yang valid, terbaru dan tepat waktu,

Agar ASPAK dapat memberikan manfaat yang maksimal, yang harus dilakukan adalah mengupayakan (1) akuntabilitas, dan (2) kontinuitas. Akuntabilitas dapat diwujudkan bila pada satu pihak fasilitas pelayanan kesehatan menginput data SPA secara faktual, akurat dan lengkap, serta pada pihak lainnya Dinas Kesehatan Provinsi/Kabupaten/Kota memvalidasi data-data yang diinput oleh fasilitas pelayanan kesehatan tersebut. Sedangkan kontinuitas dapat diwujudkan bila fasilitas pelayanan kesehatan rajin melakukan updating setiap kali ada pergerakan SPA, baik itu penambahan, kerusakan, kehilangan maupun sudah habis umur teknis peralatan kesehatan tersebut. Ungkap drg Hary Agung.

Saat ini, updating perlu menjadi fokus pada setiap Rumah Sakit di seluruh Kalimantan Barat  dan diharapkan segera melakukan updating SPA-nya melalui ASPAK sebelum dilakukannya review atau penetapan ulang kelas Rumah Sakit di seluruh Kalimantan Barat.

Dan ASPAK Sebagai salah satu aplikasi sarana prasarana dan peralatan kesehatan berbasis web dan on line ini tentunya akan terus mengalami perubahan dan perbaikan sehingga menuntut pihak dinas kesehatan dan Rumah Sakit untuk dapat terus meyesuaikan  program ini agar di dapatkan sebuah perencanaan yang baik dan benar.Kata Hary Agung. (sur).

BERITA DI PUBLISH OLEH TIM WEBSITE
DINAS KESEHATAN PROVINSI KLAIMANTAN BARAT

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on print

Recent Post

Kalbar Terima Sertifikat Eliminasi Kusta

Pontianak, Dinkes Prov. Kalbar Kalimantan Barat merupakan satu dari 27 Provinsi di Indonesia yang mendapatkan sertifikat Eliminasi Kusta dari Kementrian