Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Masyarakat Beraktivitas di Luar Rumah?

Pandemi Covid 19 belum usai, pemerintah mengatakan bahwa dalam rangka mempercepat penanganan Covid 19 keterlibatan masyarakat menjadi sangat penting guna memutus rantai penularan infeksi. Salah satu yang harus selalu dipatuhi oleh masyarakat adalah disiplin protokol kesehatan dalam segala aktivitas baik di dalam maupun luar ruangan.

Banyak di antara kita mau tidak mau harus beraktivitas di luar rumah, terutama untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebaiknya, sebelum memutuskan untuk beraktivitas di luar rumah, pertimbangkan hal-hal sebagai berikut :

        1.  Berjumpa Sama Siapa

Bertemu orang banyak maka resiko terinfeksi Covid lebih tinggi, apalagi bila tidak patuh dengan disiplin protokol kesehatan. Hindari kerumunan dan jangan juga buat kerumunan.

         2.  Sedang Berada Dimana

Bertemu di tempat tertutup, sempit, ramai, atau lokasi yang sulit untuk menjaga jarak akan meningkatkan resiko terinfeksi Covid. Ruangan dengan ventilasi atau sirkulasi udara bagus atau ruang terbuka lebih baik.

          3.  Berapa Lama atau Durasi

Makin lama di luar rumah, makin beresiko terinfeksi Covid. Terlebih apabila kita berinteraksi tatap muka dan bicara dengan orang lain dalam waktu yang lama.

Dari penjelasan di atas maka kurangi atau hindari keluar rumah jika kebutuhannya tidak esensial, karena semakin banyak bertemu orang, semakin lama durasi bertemunya, serta kesulitan dalam menerapkan protokol kesehatan selama beraktivitas di luar rumah akan meningkatkan risiko kita tertular virus penyebab COVID-19.

Sumber berita : www.covid19.go.id

Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top