Aku Cinta Sehat, Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita

Ket Gambar : Rangkaian Kegiatan HKN ke 54 di Pfrovinsi Kalimantan Barat.

Pontianak, Dinkes Prov. Kalbar

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi  Kalbar,  dr Andy Jap M.Kes, mengaku bangga kegiatan HKN (Hari Kesehatan Nasional) tahun  2018 di Pontianak kali ini  dapat berjalan dengan lancar dan masyarakat sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan senam massal dan pemeriksaan  kesehatan. Menurutnya ini sesuai dengan tema yang diangkat di HKN ke -54 yaitu ‘Aku Cinta Sehat, Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita.’

“Saya sangat bersyukur mereka datang pada saat sehat, bukan saat sakit. Mereka antusias mencari informasi untuk memelihara kesehatan dan ikut aktivitas senam sambil  jalan sehat dan memeriksakan kondisi kesehatannya , artinya pesan yang kami sampaikan, dan sosialisasikan sudah sampai ke masyarakat, bahwa hidup sehat berawal dari diri sendiri dan keluarga,” ujar dr Andy Jap.

Pada perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018 dirayakan dengan kegiatan senam massal  jantung sehat serta senam khas kalbar yaitu  senam Jepin, yang digelar oleh Pemerintah provisni  Kalbar melalui Dinas Kesehatan Provinsi di Stadion Sultan Syarif Abdurahman, Minggu (11/11/2018).

Selain senam massal, lomba senam Jepin yang diikuti oleh seluruh puskesmas se kota Pontianak pameran Germas dan inovasi daerah di bidang kesehatan , juga dibuka stand pemeriksaan kesehatan secara gratis menjadi yang paling diburu masyarakat. Stand ini menyediakan pemeriksaan kolesterol, gula darah, tensi, dan asam urat, konsultasi Gizi serta pelayanan kesehatan Gigi dan mulut

Pada stand Seksi PTM Keswa Napza dinas kesehatan prov kalbar yang bersinergis dengan balai kesehtan olah raga dan  kerja Prov Kalbar  , setidaknya , dikunjungi sekitar 200 an  masyarakat yang melakukan cek kesehatan penyakit tidak menular. Sedangkan stand seksi kesehatan primer dan Tradisional dinkes  Prov Kalbar yang bekerjasama dengan PDGI (persatuan dokter gigi Indonesia) Prov Kalbar mampu menarik perhatian sekitar 58 pasien baik dewasa maupun anak muda untuk melakuakn deteksi dini Gigi dan mulut.

Masyarakat  mengaku sangat senang dan terbantu dengan kegiatan ini. Pasalnya ia bisa mengecek kesehatan tanpa dipungut biaya sekaligus mendapat saran serta bisa berkonsultasi gratis yang bermanfaat dari petugas kesehatan.

“Kegiatan ini bagus sekali, sangat bermanfaat bagi masyarakat. Selama ini kita jarang memeriksa kesehatan. Saya sering minum sirup dan minuman bersoda. Jadi tadi diperiksa gula darah agak tinggi. Saya disuruh banyak minum air putih dan kurangi minuman manis,” ungkap salah seorang pengunjung  kegiatan HKN.

Ia berharap kegiatan ini bisa diadakan rutin tiap bulan agar masyarakat juga aktif memperhatikan kesehatan.

“Di sini kita bisa belajar hidup sehat. Habis senam dan jalan sehat, ada pemeriksaan gratis dan konsultasi kesehatan. Lebih bagus ini rutin setiap bulan jadi masyarakat terbantu juga lebih aktif hidup sehat makan sayur dan buah,” katanya. (sur)

Berita ini di Publikasikan oleh tim Web Dinkes Prov Kalbar tahun 2018

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Back To Top