“ AJAK KADER DALAM PENANGULANGAN PENYAKIT PARU “

Pontianak, Dinkes Prov. Kalbar

Unit Pelaksana Teknis  (UPT) Pelayanan Kesehatan Paru  (PKP ) Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar disamping tugas pokoknya  memebrikan pelayanan kersehatan paru, berinisiatif untuk mengajak masyarakat  , keluarga penderita dan  mantan (eks) penderita TB yang sudah sembuh menjadi kader  TB  dengan suka rela .  Kader TB  ini  bertugas untuk memberikan edukasi dan motivasi kepada penderita dan keluarganya untuk minum obat TB secara teratur sampai tuntas dan memberikan informasi untuk mencegah penularan TB

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan tentang kebijakan penanggulangan TB dan untuk mengetahui permasalahan  perkembangan pengobatan penderita TB yang menjadi tugas kader , maka UPT Pelayanan Kesehatan Paru mengadakan Focus Group Diskusi  ( FGD ) setiap 2 bulan sekali yang di laksanakan di UPT  PKP . Kegiatan FGD menjadi jembatan komunikasi dan konsolidasi antara Kader TB dengan UPT PKP dalam penanggulangan TB Paru secara komprehensif di masyarakat.

Tuberkulosis ( TB ) merupakan salah satu penyakit infeksi terbanyak di dunia. World Health Organization ( WHO ) menyatakan bahwa sekitar 1,9 miliar manusia ( sepertiga penduduk dunia ) telah terinfeksi kuman TB. Setiap detik ada satu orang yang terinfeksi TB di dunia ini. Dan dalam dekade mendatang tidak kurang dari 300 juta orang akan terinfeksi olehnya.

Penyakit tuberkulosis atau yang sering disebut TBC adalah infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tubercolusis (Danusantoso,2002). Bakteri ini merupakan bakteri basil yang sangat kuat sehingga memerlukan waktu yang lama untuk mengobatinya, disamping rasa bosan karena harus minum obat dalam waktu yang lama , penderita juga belum memahami bahwa obat harus diminum seluruhnya dalam waktu yang telah ditentukan. Pengetahuan yang kurang dari keluarga dan masyarakat sekitar tentang penyakit TB dan cara pengobatannya akan mempengaruhi kepatuhan untuk berobat secara tuntas.


Kegiatan FGD dilaksanakan pada tanggal 29 s/d 30 April 2019 di  Meeting Point ,   Pontianak  dengan menghadirkan 2 orang Nara Sumber  yaitu :

  1. Nevita , MSC Sp. A  , yang  memberikan  materi  Penanggulangan TB Anak
  2. DR Chairul Fuad , M.Kes . seorang pakar public speaking  , yang dapat mengajarkan peserta kader TB untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan publik /masyarakat

BERITA DI PUBLISH OLEH TIM WEBSITE
DINAS KESEHATAN PROVINSI KLAIMANTAN BARAT

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on print

Recent Post