5 Tips Agar Tetap Sehat Selama Periode Libur Natal dan Tahun Baru

Periode libur Natal dan Tahun baru telah tiba, bagi anda yang merayakannya mungkin banyak acara atau kegiatan yang telah direncanakan untuk dilakukan bersama keluarga, sahabat maupun orang yang anda kasihi.

Kegiatan tersebut biasanya beribadah bersama, makan bersama, menonton siaran atau film favorit dan banyak kegiatan lainnya. Seperti umumnya pada perayaan hari yang istimewa berbagai makanan dan minuman tersaji, mulai dari makanan dan minuman sehat sampai makanan dan minuman manis, makanan yang tinggi lemak jenuh dan lemak trans, cemilan berminyak dan mungkin makanan dengan kandungan garam yang tinggi. Bagi yang senang menonton, mungkin saja akan menghabiskan waktu dengan menonton siaran atau film favorit sampai larut malam atau begadang.

Dengan begitu, mengatur pola istirahat dan pola makan selama liburan mungkin akan menjadi sulit, namun demikian kesehatan tubuh tentunya harus selalu menjadi prioritas.

Untuk itu berikut 5 tips untuk menjaga agar tubuh tetap sehat selama liburan dikutip dari berbagai sumber:

  1. Tetap terhidrasi

Banyak orang yang menganggap enteng minum air putih dengan cukup, padahal jika cairan dalam tubuh tidak cukup maka tubuh akan lebih mudah merasa lelah, lapar dan lesu. Oleh karena itu sebaiknya anda minum air putih diantara minuman lainnya agar terhindar dari dehidrasi dan menjaga tubuh tetap fit.

Jadi, berapa takaran normal air agar tidak kekurangan cairan dalam tubuh? Menurut Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter. Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh yaitu sekitar 20%. Cairan dari makanan terutama diperoleh dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90% air.

  1. Pilih makanan dengan bijak

Melihat berbagai makanan yang dihidangkan tentunya akan membangkitkan selera makan anda, dan membuat anda ingin mencicipi semua hidangan yang ada. Namun anda harus bijak menyikapinya, karena jika dituruti dampaknya mungkin tidak baik bagi kesehatan anda. Disamping itu upayakanlah agar anda dan keluarga menghindari makan berlebihan. Jika memang memungkinkan, anda dapat memulai menikmati hidangan dengan mengonsmsi makanan sehat seperti salad maupun buah-buahan terlebih dahulu, cara ini dapat membantu untuk menekan nafsu makan sehingga anda tidak makan berlebihan. Hal ini juga lebih baik daripada memakan makanan yang mengandung lemak dan tinggi gula. Selain itu juga sebaiknya anda menghindari makan makanan yang terlalu pedas sebagai salah satu bentuk pencegahan diare.

  1. Tidur yang cukup

Berkumpul dengan keluarga hingga larut malam sambil menonton acara favorit atau film biasanya sering dilakukan selama liburan. Namun demikian upayakanlah agar anda tidak melakukan hal tersebut, karena kurang tidur dapat menyebabkan kurang fokus, mudah lelah, serta mudah marah bahkan mungkin dapat meningkatkan risiko munculnya masalah mental dan masalah kesehatan lainnya.

Menurut Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, jumlah waktu tidur yang sehat bagi tiap-tiap orang itu ternyata berbeda-beda tergantung pada usia. Anak Usia 6-12 tahun membutuhkan waktu tidur 10 jam, menjelang remaja pada Usia 12-18 tahun kebutuhan tidur yang sehat adalah 8-9 jam. Orang dewasa dengan Usia 18-40 tahun membutuhkan waktu tidur 7 – 8 jam setiap hari. Bagi Lansia kebutuhan tidur terus menurun, cukup 7 jam perhari. Demikian juga jika telah mencapai lansia pada usia 60 tahun atau lebih, kebutuhan tidur cukup 6 jam per hari.

  1. Tetap aktif secara fisik

Biasanya jika liburan badan cenderung ingin bermalas-malasan atau mager alias malas bergerak. Namun anda harus menepis keinginan tersebut dengan bergerak aktif. Lakukanlah aktivitas fisik yang cukup (minimal 30 menit setiap hari).

  1. Ikuti protokol kesehatan COVID-19

Selanjutnya hal penting yang tetap harus anda lakukan saat liburan dan melakukan kegiatan di luar rumah adalah dengan selalu taat menjalankan protokol kesehatan atau prokes. Ingatlah selalu dengan 5 M, yaitu: mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumuman dan mengurangi mobilitas.

Selamat berlibur dan Salam sehat…

Sumber: berbagai sumber

Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top