12 Manfaat Penting Jalan Pagi yang Sering Disepelekan

Beberapa orang mungkin masih sulit untuk jalan pagi, karna sulitnya bangun diawal waktu. Padahal, manfaat jalan pagi untuk kesehatan, tidak bisa dipandang sebelah mata.

Banyak sekali manfaat dari aktivitas jalan pagi, dan kalian mungkin harus sudah membiasakannya dari sekarang supaya mendapat tubuh yang sehat untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Manfaat Jalan Pagi yang Harus Sobat Ketahui

Manfaat jalan pagi tak hanya untuk organ di tubuh, tapi juga meningkatkan kualitas psikologis kita. Ada sejumlah manfaat jalan pagi yang bisa kita dapatkan, mulai dari memberikan energi untuk menjalani hari, mengurangi stres, bahkan berpotensi menurunkan berat badan.

Berikut ini penjelasan singkat mengenai manfaat jalan pagi, yang sebaiknya kita pahami.

  1. Memberikan energi

Manfaat jalan pagi dapat berupa energi yang bisa kita gunakan, untuk melewati hari tersebut. Beberapa kajian menunjukkan, orang dewasa yang melakukan aktivitas jalan pagi selama 20 menit di luar rumah, mendapatkan energi lebih, dibandingkan orang yang hanya berjalan selama 20 menit di dalam ruangan.

Apabila kalian bangun dan merasa lelah, melakukan jalan pagi dapat menjadi aktivitas positif, yang layak dicoba.

  1. Melengkapi kebutuhan tubuh untuk beraktivitas fisik

Sebagai orang yang sehat, disarankan untuk melakukan aktivitas fisik ringan setidaknya 150-300 menit, dalam satu minggu. Kebutuhan tersebut, bisa  dibagi dalam 5 hari, masing-masing 30 menit per hari untuk melakukan jalan pagi.

  1. Memperbaiki mood

Tak hanya untuk kesehatan fisik, manfaat jalan pagi juga berkontribusi terhadap kondisi psikologis kita. Jalan pagi dapat meningkatkan harga diri atau self-esteem, memperbaiki suasana hati, serta mengurangi stres dan rasa cemas.

Tak hanya itu, manfaat jalan pagi lainnya adalah mengikis gejala depresi, serta meurunkan risiko untuk terkena kondisi depresi.

  1. Memperkuat jantung

Manfaat jalan kaki setiap hari selama setidakanya 30 menit dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner hingga 19%. Kalian juga bisa meningkatkan manfaat ini dengan menambah jarak berjalan secara bertahap.

  1. Menurunkan berat badan

Melakukan jalan pagi selama 30 menit, secara tak langsung membantu untuk menurunkan berat badan. Sebab, jalan pagi dengan durasi tersebut, dapat membakar hingga 150 kalori.

Namun harus diingat, penting untuk mengombinasikannya dengan diet sehat, serta melakukan aktivitas fisik lainnya, demi mencapai bobot yang diinginkan.

  1. Memperkuat tulang dan sendi

Jalan kaki termasuk olahraga yang menahan beban tubuh kita sendiri. Karena itu, aktivitas ini bermanfaat dalam mempertahankan kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis. Manfaat jalan pagi juga bisa membantu kita dalam melindungi sendi di lutut dan pinggul, dengan memicu lubrikasi sendi dan memperkuat otot-otot di sekitar sendi tersebut.

  1. Membentuk otot paha

Jangan salah. Jalan santai di pagi hari juga bisa menguatkan dan membentuk otot paha. Kita dapat berjalan santai di tempat menanjak atau rute dengan tangga untuk bisa melatih otot paha. Akan lebih baik lagi jika dikombinasikan dengan olahraga ketahanan lainnya, seperti squat, lunges, dan sebagainya.

  1. Membantu menjalani rutinitas harian

Memulai hari dengan melakukan jalan pagi, akan membantu dalam menjalani aktivitas yang hendak dikerjakan. Setelah jalan pagi, pikiran dapat menjadi lebih jernih, tanpa terburu-buru.

Manfaat jalan pagi untuk rutinitas tersebut, misalnya, dapat menginspirasi untuk menyiapkan sarapan yang sehat.

  1. Menurunkan kadar gula darah

Berjalan kaki di pagi hari juga bisa didapatkan ketika kita melakukannya sesudah makan, yaitu menurunkan kadar gula darah. Sebuah riset skala kecil menemukan bahwa berjalan kaki selama 15 menit sesudah sarapan, makan siang, dan makan malam berpotensi lebih berpengaruh dalam memperbaiki kadar gula dalam darah, jika dibandingkan berjalan kaki selama 45 menit sekaligus dalam satu waktu tertentu.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat jalan pagi lainnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan penyakit-penyakit ringan. Misalnya, batuk, pilek, serta flu.

Dalam studi tertentu yang meneliti seribu orang partisipan, para peneliti menemukan bahwa mereka yang rutin berjalan kaki selama 30 sampai 45 menit setiap hari, memiliki masa sakit lebih rendah hingga 43% dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah berolahraga. Jika sakit pun, orang yang rutin berjalan kaki akan lebih cepat sembuh.

  1. Meningkatkan suasana hati

Siapa sangka, manfaat jalan pagi dapat meningkatkan suasana hati! Menurut berbagai studi, jalan kaki dapat membantu redakan kecamasan, depresi, dan suasana hati yang buruk. Tidak hanya itu, manfaat jalan pagi pun dipercaya bisa meningkatkan percaya diri!

Untuk mendapatkan manfaat ini, cobalah jalan selama 30 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu.

  1. Membantu raih ide-ide baru

Sebuah studi juga menjabarkan bahwa jalan kaki dapat membantu untuk mendapatkan ide-ide kreatif yang baru. Di studi itu, para ahli melihat bahwa ide-ide kreatif bermunculan saat partisipan sedang berjalan di luar rumah.

 

Sumber: Kemenkes RI

 

#dinkeskalbar #jalanpagi #tubuhsehat #badankuat

Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top