Tim Visitasi Provinsi Tinjau RS Serawai Sintang

Tim Visitasi Dinkes Prov. Kalbar saat melakukan kunjungan dan penilaian di RS Serawai Kabupaten Sintang.

Sintang, Dinkes Prov. Kalbar

Tim visitasi RS  Dinkes Provinsi Kalbar dalam upaya memenuhi amanah Peraturan Pemerintah dalam  menentukan klasifikasi  dan perijinan Rumah Sakit berdasarkan Permenkes 56 tahun 2014 dan Permenkes nomor 24 Tahun 2016 tentang Persyaratan Teknis dan Prasarana Rumah Sakit. Maka pada awal bulan April 2019 Tim Visitasi melakukan kunjungan ke  Rumah Sakit Pratama Serawai Kabupaten  Sintang  dengan tujuan untuk melihat dan menilai langsung  ketersedian SDM, Prasarana, kelayakan Gedung dan kelengkapan dokumen administrasi penunjang pelayanan dan sebagainya . Demikian di sampaikan Ns.Ernawati,S.Kep.M.Kep (Kasi Rujukan dan Krisis Kesehatan Dinkes Prov Kalbar )

Menurut Ernawati,  penetapan  Klasifikasi RS perlu dilakukan sebagai upaya Pemerintah untuk melaksanakan undang-undang terhadap layanan Kesehatan khususnya layanan Rumah Sakit dengan standard dan tipe rumah sakitnya.

Rumah Sakit Pratama Serawai yang terletak di Desa Mekar Sari, Kecamatan Serawai, Kabupaten Sintang, tentunya di harapkan menjadi sebuah layanan yang mampu melayani masyarakat Kabupaten Sintang khususnya di daerah serawai ini, kata Ernawati.

Kasi Layanan Rujukan dan Kisis Kesehatan  Dinkes Provinsi Kalbar ini juga berharap agar Rumah Sakit Pratama Serawai kedepannya menjadi Rumah Sakit Kelas D dengan memperhatikan syarat dan ketentuannya.  Beberapa persyaratan yang harus di penuhi untuk menjadi Rumah Sakit kelas / Tipe D haruslah memiliki minimal 4 Dokter Spesialis, seperti Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Dokter Spesialis Kebidanan, Dokter Spesialis Bedah, dan Dokter Spesialis Anak”, harapnya.

            
Tim menggunakan Transportasi alternatif yang cepat menuju RS Serawai melalui jalur air

Rombongan Tim Visitasi Provinsi Kalbar yang melakukan Visitasi  antara lain Kasie Layanan Rujukan dan Krisis Kesehatan NS Ernawati, M.Kep, dari PERSI yaitu dr. Yustar, Sp.Pd  serta didampingi oleh  tim teknis dari Dinkes Provinsi Kalbar.  Kegiatan Visitasi ini untuk melihat kesesuaian  assesmant dengan  PMK no 56 tahun 2014 dan PMK No 24  tahun 2016  yang menjadi sebuah ketentuan RS kelas / Tipe D . Lanjut Ernawati.

Ditambahkan oleh Ernawati, bahwa  Rumah Sakit Pratama ini di Serawai yang berada di Kecamatan Serawai ini merupakan kecamatan yang terisolir, dalam artian akses menuju dan dari Kecamatannya masih sulit dijangkau, jika melewati darat memerlukan waktu sekitar lima sampai enam jam, sedangkan jika melalui air memerlukan waktu sekitar empat sampai lima jam ”, tambahnya.

Berdasarkan hasil  Visitasi , bahwa di Rumah Sakit Pratama Serawai ini memiliki 30 orang tenaga kesehatan dengan 64 tempat tidur, “ jadi di RS. Pratama ini ada sekitar 30an orang tenaga kesehatan, dari 30 tersebut hanya ada 5 orang yang merupakan Pegawai Negeri Sipil, Ernawati menjelaskan. (sur)

BERITA DI PUBLISH OLEH TIM WEBSITE
DINAS KESEHATAN PROVINSI KLAIMANTAN BARAT

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on print

Recent Post