100 Orang per desa Target Posbindu di 1 Kecamatan

Ket : Rangkaian Kegiatan Deteksi Dini Posbindu PTM yang dilakukan seksi PTM Keswa Napza Dinkes Prov Kalbar 2018

Pontianak, Dinkes Prov Kalbar

“100 orang setiap posbindu di 1 Kecamatan, dari 5 Kabupaten di Kalimantan Barat yang akan menjadi sasaran deteksi dini Pobindu” kata I Wayan Sukarta, Kasie PTM KeswaNapza Jumat (21/9).

Lima Kabupten tersebut antara lain  Kabupaten Sambas, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Landak, Kabupaten Sintang dan Kabupaten Ketapang.lanjut Wayan.

Sementara Kabupaten yang sudah melaksanakan 4  Kabupaten yaiitu, Kabupaten Sambas, Landak, Sanggau, Ketapang, sementara untuk Kabupaten Sintang masih dalam persiapan, karena dalam pelaksanaan kegiatan Posbindu PTM ini ada beberapa tahapan yang harus dilakukan yang semua rangkain tersebut harus dilakakan, lanjut Wayan.

Tahapan-tahapan tersebut meliputi sosialisaai kepada pemangku kebijakan, baik itu camat, kepala desa atau dusun, Polsek, Koramil serta pemuka kecamatan dan kelurahan desa, serta kader-kader Posyandu maupun Posbindu yang telah di bentuk oleh Puskesmas, imbuh Wayan,

Sementara pada kegiatan tersebut dinkes provinsi berperan memberikan sosialisasi tentang manfaat dari kegiatan Posbindu PTM itu sendiri serta bagaimana proses dan penatalaksanaannya sehingga output dari program Posbindu ini dapat sesuai yang di harapkan.

Dan setelah pelaksanaan sosilisasi ini barulah Kader-kader yang sudah di bentuk tadi kita berikan pembekalan, “kita latih mereka dan kita bei ketramilan dalam memberikan layanan dan penggunaan alat-alat PTM “ kata Wayan, dan kepada kader tersebut, nantinya merekalah yang akan meaksanakan kegiatan Posbindu tersebut.

“Nah di aksi deteksi dini nanti itulah Kader menjadi petugas yang teramil melayani masyarakat sesuia target yang diharapkan” wayan menjelaskan. (surya)

Berita ini di Publikasikan oleh tim Web Dinkes Prov Kalbar tahun 2018

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Back To Top